BandungKlik – Siapa yang ingin melihat ikan Dugong atau yang terkenal dengan ikan duyung di habitat aslinya? Ayo datang saja ke Festival Dugong 2022 yang akan memberikan kesempatan bagi masyarakat agar bisa melakukan pengamatan dugong di alam.

Festival Dugong 2022 akan diselenggarakan pada 18-19 Mei 2022 di Pantai Mali, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam agenda tahunan ini, wisatawan bisa mengenal lebih jauh seputar wisata Alor maupun keunikan seni dan budayanya.

Event Alor ini menjadi gelaran yang menerapkan konsep wisata berkelanjutan. Hasil kolaborasi antara Dispar NTT dan Kemenparekraf. Seluruh rangkaian kegiatan sudah dirancang agar bisa melestarikan seni, budaya, dan alam.

Rangkaian acaranya akan dimulai dengan Prosesi Upacara Adat Cinta Laut sebagai wujud syukur atas kehadiran dugong di laut Alor yang memberi berkah. Pada kesempatan itu, akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian khas Alor dari sanggar lokal di sana.

Silakan baca: Desa Bena di NTT, Sudah Ada Sejak 1200 Tahun Lalu

Berlanjut dengan acara Wisata Pengamatan Dugong. Untuk mendukung konservasi, Festival Dugong 2022 juga akan melakukan kegiatan Penanaman Anakan Bakau di sekitar habitat dugong. Lewat agenda tersebut, masyarakat diharapkan bisa belajar memahami dan ikut melestarikan dugong serta habitatnya.

Aneka Perlombaan & Pameran Ekraf

Daya tarik lain dari festival tersebut yang juga tak boleh dilewatkan yaitu keseruan aneka perlombaan. Mulai dari Parade Perahu Galla Soro, Lomba Dayung Perahu Kano, Lomba Tarik Tambang Perahu, hingga Lomba Mural. Ada juga program Island Explore untuk mengenal lebih jauh potensi Pantai Mali, Alor.

Selaras dengan tema event ini, “Dugong untuk Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat yang Berkelanjutan”. Sehingga festival ini juga mengajak pelaku UMKM, kelompok masyarakat pengelola wisata, hingga penyedia jasa penyelenggaraan event. Mereka akan berpartisipasi dalam Pameran Usaha Ekonomi Kreatif dan Kuliner.

Silakan baca: Menelisik Situs Benteng Ranu Hitu Kabupaten Belu NTT

Di luar acaranya yang menarik, Festival Dugong 2022 juga berlangsung di tempat yang menakjubkan. Pantai Mali merupakan pantai berpasir putih dengan air tenang yang dihiasi pepohonan kelapa serta taman wisata alam laut nan indah.*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel