Rumpon Knalpot Ditenggelamkan di Pulau Ketawai

pulau ketawai
Destinasi wisata Pulau Ketawai. (dok. bangkatengahkab.go.id).*

 

BandungKlik – Lebih dari 4 ribu knalpot brong dalam bentuk rumpon ditenggelamkan di perairan Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung.

Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat terjun langsung menurunkan rumpon tersebut Kamis (27/5/2021).

Prosesi penurunan rumpon didampingi para pejabat utama Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pejabat lainnya adalah Kapolres Bangka Tengah, personil Dit Polair Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Wakil Bupati Bangka Tengah.

Kegiatan ini dilakukan guna melestarikan ekosistem bawah laut. Salah satu keuntungannya antara lain menjadi habitat yang baru bagi ikan di wilayah perairan tersebut. Diharapkan, ikan-ikan dapat berkembang biak dengan baik di perairan Ketawai.

Dalam kegiatan itu Anang menyampaikan, penanaman terumbu karang berupa rumpon sebagai bentuk pertanggungjawaban pihak kepolisian kepada masyarakat.

Silakan baca: Rumpon Ikan Jadi Magnet Wisata Baru di Situ Bagendit

Knalpot-knalpot bersuara bising dan memekakkan telinga itu tidak dibuang begitu saja. Melainkan dimanfaatkan dan dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi bermanfaat bagi lingkungan sekitar khususnya laut.

Dikatakannya, knalpot yang dibikin menjadi rumpon itu hasil razia knalpot brong dalam beberapa waktu terakhir di wilayah hukum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sedikitnya 4 ribu knalpot didapat lalu dirangkai menjadi menjadi bentuk pesawat dan kapal.

“Selain itu, lokasi tersebut dimaksudkan sebagai salah satu tambahan objek wisata bagi para penyelam dengan melihat bentuk kapal, pesawat serta sepeda motor,” ujar Anang, dikutip dari laman babel.polri.go.id.

Pada kesempatan itu, Anang juga mengimbau kepada masyarakat dan para nelayan untuk bersama-sama memelihara lokasi tersebut.

“Jangan sampai di lokasi tersebut menggunakan bom ikan. Akan merusak terumbu karang dan habitat yang hidup di dalamnya. Juga jangan menggunakan jaring karena jaring akan merusak tempat-tempat penanaman terumbu karang ini. Silakan dimanfaatkan lokasi tersebut untuk pemancingan dan wisata lainnya,” tuturnya.

Pulau Ketawai menyajikan beragam kegiatan wisata seperti scuba diving, snorkeling hingga sport fishing. *

Silakan baca: Relaksasi Mata di Pantai Tanjung Pesona Bangka