Rumpon Ikan Jadi Magnet Wisata Baru di Situ Bagendit

Situ Bagendit
Panorama Situ Bagendit, Garut. (dok. Pemkab Garut)

 

BandungKlik – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan mengelola dan mengembangkan rumpon ikan sebagai magnet wisata baru di Situ Bagendit. Rumpon tersebut menjadi wisata pengelolaan air yang berbasis perikanan.

“Rumpon ini dijadikan oleh kita bagian dari wisata untuk pengelolaan air yang berbasis dengan perikanan. Saya mohon dukungannya dari petani-petani di sana supaya kooperatif lah yang melakukan seperti itu,” tutur Bupati Garut Rudy Gunawan, Selasa (16/3/2021), dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Rudy Gunawan juga mengungkapkan akan ada penataan terkait rumpon agar menjadi daya tarik wisata baru yang dimiliki oleh Situ Bagendit.

“Kita juga memberikan penataan baru. Misalnya, nanti kita ada rumpon-rumpon yang dijadikan bagian dari wisata yang juga jadi daya tarik,” lanjut Rudy.

Pengelolaan rumpon ikan tersebut berdasarkan hasil dari perikanan di Situ Bagendit yang dinilai sangat bagus karena memiliki ikan-ikan yang berukuran cukup besar.

Lebih lanjut, Rudy menyampaikan pada tahun 2018 lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah memberikan bantuan ratusan ribu benih ikan yang ditanam di Situ Bagendit.

“Kalau ke sana, itu yang namanya ikan itu ada yang 4 kg, kemarin ikan patin gede-gede. Waktu itu kami kan menanam sekitar 500 ribu, adalah ratusan ribu kami mendapatkan dari kementerian itu ditaruh di sana, yang kecil-kecil sekarang udah pada gede banyak ikannya di situ,” pungkasnya.

Silakan baca:

Situ Cileunca, Panorama Romantis yang Memanjakan Mata

Melancong ke Pantai Ngandong Yogyakarta

Sekadar informasi, Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Situ ini merupakan objek wisata alam berupa danau berlatar pegunungan yang indah.

Sejumlah aktivitas wisata dapat dinikmati para wisatawan di sana. Diantaranya menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit, atau mencoba sepeda air.*