Rumah Kemasan Jabar Dorong Produk IKM Lebih Menarik

rumah kemasan jabar
Ketua Dekranasda Jabar, Atalia Praratya Kamil saat peresmian Rumah Kemasan Jabar. (dok. Pemprov Jabar)

 

BandungKlik – Rumah Kemasan Jabar milik Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat, kini sudah diresmikan. Lokasinya di Jalan Sampurna No. 18, Kota Bandung. Peresmian dilakukan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, pada Kamis (16/12/2021).

Rumah Kemasan Jabar ini hadir dengan konsep lebih ramah lingkungan. Bertujuan untuk meningkatkan mutu produk Industri Kecil Menengah (IKM) Jabar menjadi lebih menarik dan sesuai kebutuhan pasar.

“Bersyukur sekali Rumah Kemasan bisa diresmikan karena ini sangat dibutuhkan para pelaku IKM,” ungkap Atalia saat peresmian, dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Sebelumnya, Rumah Kemasan sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2012 di Jalan Terusan Kiaracondong, Kota Bandung. Dalam setahun, tempat tersebut melayani hampir 2.000 IKM dengan rata-rata per hari 20 IKM.

Atalia menyampaikan, Rumah Kemasan terbuka untuk siapapun yang ingin mengembangkan usahanya dengan cara yang baik. Tak hanya untuk pengemasan produk kuliner, namun juga pembuatan kemasan produk pakaian dan sepatu.

“Tadi juga banyak contoh yang sudah bisa dipakai. Tidak saja untuk makanan, tetapi juga pengemasan untuk pakaian, sepatu. Sehingga daya saingnya meningkat melalui kemasan yang baik,” ungkapnya.

Silakan baca: Platform borongdong.id, Marketplace Pelaku Ekraf Jabar

Masih menurutnya, kemasan yang baik berpengaruh besar pada minat pembeli, sehingga berdampak pada omzet penjualan. “Bila kemasannya baik, maka akan menambah nilai produk mereka,” katanya.

Konsultasi Gratis

Selain dibantu dibuatkan kemasan yang lebih baik secara gratis, pelaku IKM juga bisa berkonsultasi terkait pemasaran produk dengan para ahli yang ada di Rumah Kemasan.

Lebih lanjut Atalia mengatakan, saat ini tak sedikit asosiasi maupun pelaku IKM kesulitan melakukan terobosan dalam memperkenalkan produknya. Selera pasar yang dinamis menuntut pelaku IKM untuk selalu berinovasi.

“Saya kira Rumah Kemasan membantu menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Ditambah mereka bisa berkonsultasi secara gratis pula,” imbuhnya.

Usai peresmian Rumah Kemasan, Dekranasda Jabar memberikan bantuan alat usaha kepada sejumlah organisasi yang menaungi para pelaku IKM, seperti AIKMA Jabar, ASEPHI, IPEMI, APJI, IWAPI, PHRI, dan PD Pasar Sederhana. Bantuan alat usaha tersebut berupa sepeda motor usaha, gerobak suvenir, mesin presto, mesin pengiris bawang, dan freezer.

Silakan baca: Olah Sampah Kertas Menjadi Produk Berkelas

Dalam kesempatan itu pula, Atalia menyaksikan pelantikan pengurus AIKMA (Asosiasi Industri Kecil Menengah Agro) Jabar periode 2021-2024.*