Riau Berhasil Raih 6 Penghargaan API 2020

riau api 2020
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat (tengah) menerima penghargaan API 2020 di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (20/5/2021). (dok. pariwisata.riau.go.id).*

 

BandungKlik – Riau—melalui sektor pariwisata, kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Kali ini berhasil meraih enam kategori penghargaan.

API 2020 digelar di arena terbuka Hotel Inayabay Komodo Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Acara pemberian penghargaan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, Kamis (20/5/2021) malam.

“Alhamdulillah Riau berhasil meraih enam penghargaan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung ajang ini. Sehingga sektor parekraf Riau semakin cemerlang di tingkat nasional,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat, melalui keterangan resminya Jumat (21/5/2021) dikutip dari laman pariwisata.riau.go.id.

Penghargaan tersebut adalah juara 1 brand wisata terpopuler (Riau The Homeland of Melayu, Provinsi Riau) dan juara 3 atraksi budaya terpopuler (Bakoba, Kabupaten Rohul). Lalu, juara 1 promosi pariwisata digital terpopuler (pariwisatapelalawan.com, Kabupaten Pelalawan). Selanjutnya juara 3 minuman tradisional terpopuler (air mata bejando, Kabupaten Pelalawan).

Dua perhargaan lainnya adalah juara 2 ekowisata terpopuler (mangrove Banglas, Kabupaten Kepulauan Meranti). Lalu, juara 1 surga tersembuyi terpopuler (air terjun Batu Tilam, Kabupaten Kampar).

Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya secara virtual mengatakan, API adalah ajang nasional yang digelar dalam rangka memberikan apresiasi terbesar kepada industri pariwisata di Indonesia.

API juga bertujuan mendorong peran serta berbagai pihak mulai dari masyarakat, swasta dan pemerintah dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif. *

Silakan baca: Masjid Agung An Nur, Taj Mahal-nya Pekanbaru Riau

Silakan baca: Pariwisata Kepulauan Riau Siapkan 226 Event Tahun 2021