Relaksasi Dulu di Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Panjang Bengkulu

 

BandungKlik – Pantai Panjang merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Bengkulu. Sesuai namanya, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang mencapai lebih dari 7 kilometer dengan hamparan pasir putih yang mengagumkan.

Lanskap pantai yang landai dan air bening menjadi daya tarik utama Pantai Panjang. Wisatawan pun bisa leluasa bermain pasir dan air. Jika tak ingin basah-basahan, cukup relaksasi tubuh memandang lautan atau berjemur di pinggir pantai.

Umumnya, pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa, namun uniknya di pantai Bengkulu tersebut tak dijumpai. Malah di sana tumbuh pohon pinus dan cemara yang semakin menambah kesejukan udara di sekitar pantai.

Kawasan pantai ini pun menjadi salah satu pusat objek wisata terapi dengan aktivitas lari pagi atau sore di lintasannya. Pasir putihnya yang sangat halus, tak akan mengotori kaki para saat berjalan di sana.

Sport tourism lain yang bisa dinikmati wisatawan selain jogging trek, ada fasilitas voli pantai. Jika suka selancar, maka pantai ini bisa menjadi pilihan tempat surfing terbaik karena ombak lautnya cukup besar untuk ditaklukan.

Silakan baca: Pendap, Pepes Ikan Bumbu Unik khas Bengkulu

Selain aktivitas tersebut, mayoritas pengunjung Pantai Panjang datang untuk menikmati sunset di sore hari. Langit jingga di sore hari memantulkan cahaya ke air laut sehingga membuatnya berwarna perak keemasan. Sungguh menakjubkan!

Di sekitar pantai, wisatawan bisa menemukan berbagai fasilitas dan sarana akomodasi yang cukup lengkap. Seperti restoran, kolam renang, hotel, cottage, kios-kios, minimarket, kios cendera mata, hingga area parkir yang luas.

Lokasi Pantai Panjang Bengkulu berada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Ratu Agung, Teluk Segara, dan Ratu Samban. Kawasan tersebut cukup strategis karena dekat dengan pusat kota Bengkulu, sehingga selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Jika wisatawan menempuh perjalanan dari pusat Kota Bengkulu, hanya butuh waktu sekitar 15 menit dengan jarak sekitar 3 kilometer. Dari kota, perjalanan dapat menggunakan berbagai transportasi, diantaranya taksi, minibus, mobil sewaan, atau kendaraan pribadi untuk sampai ke pantai.

Kelebihan lainnya, pengunjung destinasi wisata ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Kawasan pantai juga dibuka selama 24 jam setiap harinya. Bila ingin menginap, bisa memilih penginapan di sekitar pantai, mulai dari harga murah hingga mewah.

Silakan baca: Pesona Keindahan Pantai Pasir Padi Pangkalpinang

Ada beberapa rekomendasi hotel terdekat dengan Pantai Panjang Bengkulu, yaitu Hotel Permata Gading, Hotel Puteri Gading, dan Amaris Hotel Bengkulu. Wisatawan tinggal menyesuaikan dengan buget yang dimiliki.*

 

Sumber & Foto: Diskominfo Kota Bengkulu