BandungKlik – Pulau Lombok diberkahi dengan potensi alam yang menakjubkan dan memesona. Salah satunya destinasi wisata alam Gunung Jae. Lokasinya berada di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Destinasi wisata alam Gunung Jae, sebenarnya bukanlah sebuah gunung. Melainkan kawasan yang dikelilingi perbukitan dan persawahan yang mengitari sebuah muara sungai. Berbentuk danau kecil yang tenang, jernih, dan indah. Danau inilah yang menjadi objek utama wisata di tempat ini.

Awalnya, wisata alam tersebut hanya merupakan sebuah kawasan perkemahan biasa. Namun belakangan ini destinasi Gunung Jae berubah menjadi tempat rekreasi yang lebih menarik. Dengan dilengkapi beragam fasilitas dan wahana baru yang disediakan pemerintah desa setempat.

Di sana, wisatawan bukan hanya bisa berkemah, tapi juga cocok sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Apalagi dengan adanya berugak-berugak yang terletak di pinggir danau, ayunan di bawah pohon, dan lapak-lapak yang menyediakan aneka kuliner.

Silakan baca: Desa Mareje, Alternatif Wisata di Pulau Lombok

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kegiatan “bau keke” atau kerang. Dapat pula mencoba petik kangkung secara langsung di area pinggir danau. Bagi pecinta mancing, lokasi ini menjadi pilihan tepat.

Dengan suasana yang tenang dan nyaman, ditambah hawa sejuk menjadikan Gunung Jae tempat yang cocok juga untuk relaksasi tubuh. Dijamin para pengunjung akan betah berlama-lama di destinasi seluas 10 hektar tersebut.

Hingga saat ini, setiap pekannya, kawasan wisata Gunung Jae selalu ramai didatangi pengunjung untuk berkemah. Bahkan ada juga di antara mereka yang menghabiskan waktu berkemah hingga sepekan lamanya.

Silakan baca: Tujuh Pantai di Sekitar Sirkuit Mandalika, Indah Memesona

Bagi yang berminat untuk berkemah dan tak membawa perlengkapan camping, tak usaha khawatir. Pasalnya pengelola tempat wisata ini juga menyediakan peralatan kemah yang bisa disewa. Selain itu, juga bisa mencoba aneka paket wisata menarik yang disediakan pengelola.*

 

 
Sumber & Foto: Dispar Kab. Lombok Barat