Rekomendasi Tempat Snorkeling Terbaik di Indonesia

Tempat snorkeling terbaik di Indonesia
Gili Kedis, salah satu tempat snorkeling terbaik di Indonesia. (dok. Kemenparekraf)

 

BandungKlik – Indonesia sebagai negara maritim diberkahi panorama alam bawah laut yang ciamik dan memesona. Hal tersebut menjadikan Nusantara ini mempunyai banyak pilihan tempat snorkeling terbaik.

Di tempat-tempat snorkeling terbaik di Indonesia itu, terdapat ragam terumbu karang, ikan, dan biota laut yang indah. memiliki air yang bening membuat nyaman dan pandangan jelas saat melakukan snorkeling.

Salah satunya ada di Pulau Rubiah, misalnya. Di sana terdapat bukan hanya satu spot snorkeling terbaik, namun mencapai delapan spot snorkeling terbaik. Berbagai macam spesies ikan tropis, seperti angel fish, kima raksasa, ikan kakatua, hingga lion fish ada di tempat tersebut.

Di bawah ini ada 4 rekomendasi spot snorkeling di Indonesia versi Kemenparekraf. Semua tempatnya memiliki panorama bawah laut yang indah dan aneka biota laut.

Danau Labuan Cermin

Danau yang berada di Kalimantan Timur ini memiliki air yang bening. Saking beningnya tampak seperti cermin. Di sana wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling bersama aneka ikan dan keindahan bawah air.

Gili Kedis

Gili Kedis merupakan sebuah pulau (gili) kecil di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki pasir nan putih dan air laut biru yang jernih. Pulau ini pun tak berpenghuni, namun banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Gili Kedis menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Indonesia. Wisatawan bisa menikmati pesona beragam terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya.

Silakan baca: Pantai Indrayanti, Primadona Wisata Bahari di Yogyakarta

Pulau Rubiah

Pulau Rubiah berlokasi di Aceh. Di sana wisatawan bisa menikmati delapan titik spot snorkeling ciamik dengan berbagai macam spesies ikan tropis, seperti angel fish, kima raksasa, ikan kakatua, hingga lion fish. Selain aneka biota laut, di tempat tersebut terdapat “tugu 0 kilometer” Indonesia yang ada di bawah laut.

Pulau Dodola

Pulau yang berada di Halmahera Utara ini mempunyai air yang bening bagai sebuah kristal. Sehingga sangat tepat untuk kegiatan snorkeling. Di bawah laut tempat ini, wisatawan bisa menyelami keindahan kapal dan pesawar yang karam di dasar laut. Ditambah ragam terumbu karang, ikan, dan biota laut yang memesona.

Silakan baca: Ragam Sport Tourism di Indonesia, Lokasi dan Eventnya

Penasaran untuk menikmati pesona empat tempat di atas? Namun khawatir di tengah pandemi covid-19 saat ini. Tenang saja, Kemenparekraf telah mengeluarkan panduan protokol kesehatan CHSE di beberapa titik wisata. Yang terpenting yaitu kita bersama-sama mematuhi protokol yang ada dan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan, serta hindari kerumunan ya!*