Rekomendasi Kuliner Khas Danau Toba yang Wajib Dicoba

Arsik Kuliner Khas Danau Toba
Arsik Kuliner Khas Danau Toba. (dok. indonesia.travel)

 

BandungKlik – Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas Indonesia tak hanya menyajikan keindahan panorama alam dan budaya. Tapi juga mempunyai kuliner khas yang wajib dicoba kala berkunjung ke sana. Kuliner khas Danau Toba lahir dari budaya Suku Batak.

Kuliner khas destinasi yang ada di Pulau Sumatera ini memiliki cita rasa menggugah selera dengan beragam bentuk, bahan, dan rempah yang digunakan. Mulai dari camilan sampai dengan hidangan masakan yang cocok disantap bersama sepiring nasi.

Berikut ini ada rekomendasi kuliner khas Danau Toba versi indonesia.travel yang wajib dicoba kala berwisata ke danau vulkanik terbesar di dunia itu.

Masakan Arsik

Masakan arsik berupa ikan mas berbumbu kuning yang melegenda. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas dan asam yang khas, sangat cocok bagi para pencinta kuliner pedas.

Arsik sebagai legenda kuliner Batak karena dianggap sebagai simbol doa dan berkat pada proses pernikahan adat Batak. Berbahan utama ikan mas atau ikan nila yang diberi bumbu kuning. 

Ombus-ombus

Ombus-ombus Khas Danau Toba
Ombus-ombus. (dok. indonesia.travel)

Saat berada di sana, awali hari dengan kudapan manis dari tepung beras khas Batak Toba, dikenal dengan sebutan ombus-ombus. Camilan ini terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah. Biasanya disajikan sebagai pelengkap menu sarapan bersama teh atau kopi.  Termasuk juga salah satu kudapan wajib pada beberapa upacara adat tertentu.

Sepintas tampilannya mirip getuk Jawa, berbentuk menyerupai kerucut. Lebih nikmat disantap selagi hangat sambil ditiup perlahan. Dari situlah nama ombus-ombus berasal yang dalam bahasa Batak berarti ditiup-tiup.

Mi Gomak

Kuliner Khas mi Gomak
Mi Gomak. (dok. indonesia.travel)

Selanjutnya ada Mi gomak yang tak boleh dilewatkan untuk dicicipi. “Spaghetti” ala Danau Toba ini memiliki tekstur yang kenyal dengan ukuran lebih besar dari jenis mi lainnya.

Mi gomak umumnya diolah menjadi dua macam hidangan, mi gomak kuah atau mi gomak goreng. Dibubuhi bumbu santan dan tambahan andaliman, asam patikala, atau kecombrang sebagai pelengkap.

Manuk Napinadar

Manuk Napinadar khas Danau toba
Manuk Napinadar. (dok. indonesia.travel)

Kuliner terkahir yang wajib dicoba para wisatawan yakni hidangan manuk napinadar. Istilah “manuk” merupakan sebutan ayam bagi masyarakat sekitar Danau Toba.

Masakan olahan ayam kaya rempah tersebut biasanya dihidangkan dalam acara upacara adat tertentu. Manuk napinadar dimasak dengan kelapa parut sangrai ditambah andaliman, sehingga menciptakan cita rasa unik yang ikonik.

Silakan baca: Pesona Danau Toba, Destinasi Super Prioritas yang Menakjubkan

Itulah beberapa kuliner khas Danau Toba yang wajib dicoba kelezatannya saat berkunjung ke sana. Jika tertarik berwisata ke Danau Toba dalam waktu dekat dan penasaran dengan ragam kuliner khas di atas, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19.*