Rasakan Kelezatan Sate Blengong Khas Brebes

Sate Blengong khas Brebes
Sate blengong siap disantap bersama kupat glabed.

 

BandungKlik – Berkunjung ke Kabupaten Brebes di Jawa Tengah, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Sate Blengong. Blengong sendiri merupakan hewan hasil kawin silang (blasteran) antara bebek dan entok. Konon, Blengong ini hanya bisa dibudidayakan di Brebes.

Berburu sate blengong di Brebes terbilang mudah. Sebab banyak warung-warung yang menyediakan kuliner tersebut. Namun kebanyakan warung sate blengong mulai beroperasi sore menjelang malam hari.

Ada satu warung yang cukup tersohor di sana yang mesti dicoba masakannya, yaitu Sate Blengong Mbak Inah. Berlokasi di area Alun-alun Kabupaten Brebes. Pastikan pula untuk datang lebih awal, karena warung ini selalu ramai pengunjung. Baik yang berasal dari dalam maupun luar kota, lantaran lokasinya strategis di pinggir jalur Pantura.

Harga satu tusuk Sate Blengong di sana cukup terjangkau, berkisar dari Rp. 4000 hingga Rp. 8000 tergantung jenis dagingnya, bisa pilih bagian daging atau bagian lainnya. Potongan dagingnya pun cukup besar dan warna bumbunya lebih kemerahan dibanding sate lainnya.

Ciri khas dari sate blengong terletak pada bentuk tusuknya yang memanjang terbuat dari bambu. Bahkan panjangnya bisa dua atau tiga kali tusuk sate pada umumnya.

Kemudian secara tekstur, daging sate blengong mirip daging bebek yang memiliki serat. Tetapi daging blengong terasa lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Menyantap kuliner ini menjadi pengalaman baru lantaran daging blengong yang kaya tekstur.

Cara pengolahan sate tersebut cukup sulit dan memakan waktu. Sebab daging blengong jika tidak diolah dengan baik, maka dagingnya malah menjadi alot dan bau amis.

Silakan baca: Aneka Hidangan Sate dari Berbagai Daerah di Jawa Tengah

Proses pengolahannya yang memakan waktu hingga 2 sampai 2,5 jam ini, diawali dengan membumbui daging lalu diungkep dalam kuah rempah. Usai diungkep, barulah daging diolah menjadi sate yang bisa dibakar ataupun digoreng. Lebih nikmat sate blengong disantap bersama kupat glabed.*

 

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah