BandungKlik – Kabupaten Lumajang di Jawa Timur diberkahi panorama alam yang memesona dan menjadi daya tarik wisata unggulan. Diantaranya dua destinasi ranu atau danau yang berada di satu wilayah kecamatan. Yaitu Ranu Klakah dan Ranu Pakis.

Kedua danau di Lumajang ini, terletak berdampingan di satu wilayah, Kecamatan Klakah. Perbedaannya hanya dibedakan oleh wilayah desa di mana kedua ranu ini berada.

Ranu Klakah

Ranu Klakah merupakan sebuah telaga atau danau yang mempunyai pemandangan alam nan indah dengan latar Gunung Lamongan. Berada di bagian Utara Lumajang, tepatnya di Desa Tagalrandu Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.

Danau tersebeut dibangun oleh pegawai PJ. KA Belanda yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan. Kemudian pada tahun 1989, direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk dimanfaatkan  sebagai destinasi wisata.

Dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung wisata, seperti tempat parkir, ruang pertemuan, hotel berkapasitas 6 kamar, musala, kamar mandi, dan ruang ganti. Ada juga taman bermain, gazebo, dermaga perahu, perahu mesin, keramba ikan, serta jalur melingkar di ranu untuk spot berfoto dan jalan-jalan santai.

Silakan baca: Fakta-Fakta Menarik Gunung Api Semeru di Jawa Timur

Lokasi Destinasi Ranu Klakah berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Lumajang ke arah utara. Aksesbilitas menuju ke sana dengan jalan beraspal yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ranu Pakis

danau di lumajang

Sementara destinasi wisata danau di Lumajang berikutnya, yaitu Ranu Pakis. Sebuah telaga yang mempunyai pemandangan alam yang sama indahnya dengan panorama Ranu Klakah.

Ranu ini dimanfaatkan masyarakat untuk keramba ikan. Letaknya yang berdampingan dengan objek wisata Ranu Klakah, membuat destinasi ini juga diminati para wisatawan. Fasilitas penunjang wisatanya pun sudah cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, mushola, kamar mandi, gazebo, hingga tempat penjual ikan.

Wisata Ranu Pakis berada di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Berjarak sekira 22 km dari pusat kota ke arah utara. Aksesbilitas ke sana hampir sama dengan ke Ranu Klakah dengan jalan beraspal dan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Silakan baca: Danau Kaolin, Danau Unik Dua Warna di Bangka

Rute perjalanan menuju dua objek wisata Ranu Klakah dan Ranu Pakis sama persis. Dapat dimulai dari Terminal Minakkoncar Wonorejo. Kemudian arahkan perjalanan ke Kedungjajang hingga tiba di Klakah atau depan stasiun Klakah.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Lumajang