Ragam Sport Tourism di Indonesia, Lokasi dan Eventnya

Sport Tourism Indonesia
Tour de Linggarjati, event sport tourism di Kuningan, Jabar. (Rivansyah Dunda/BandungKlik)

 

BandungKlik – Sport tourism atau wisata olahraga di Indonesia kini semakin berkembang dan banyak diminati wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara (wisman). Berkembang pesat karena Indonesia memiliki bekal kekayaan alam melimpah. Mulai dari laut, pegunungan, maupun daratan pada umumnya, inilah yang menjadi magnet sport tourism.

Kegiatan wisata ini memadukan olahraga dan pariwisata. Sering juga dipadukan dengan sebuah perhelatan atau acara untuk promosi destinasi wisata di suatu daerah. Seperti event Bintan Triathlon di Kepulauan Riau, Borobudur Marathon di Jawa Tengah, dan Tour de Singkarak di Sumatra Barat.

Berikut ini ragam sport tourism di Indonesia berdasarkan lokasi atau tempatnya, yang bersumber dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sport Tourism Bahari

Indonesia sebagai negara kepulauan, sudah terkenal memiliki potensi bahari yang besar. Termasuk alam bawah lautnya yang eksotis dan indah hingga menarik perhatian wisatawan dunia. Beberapa jenis wisata olahraga bahari yang banyak dijumpai di Indonesia, antara lain menyelam/diving, snorkeling, selancar air/surfing, jet ski, dan ski air. Untuk lokasi, Indonesia mempunyai pilihan destinasi unggulan untuk wisata olahraga bahari, yaitu Bali, Bunaken, Raja Ampat, dan lain-lain.

Sport Tourism Pegunungan

Soal pegunungan di Indonesia tak perlu dipertanyakan lagi, banyak sekali gunung-gunung indah di nusantara. Lokasi ini pun menjadi daya tarik wisatawan untuk beriwisata olahraga. Jenis olahraga di pegunungan juga beragam, mulai dari yang ringan hingga yang ekstrem. Seperti hiking/mendaki, trekking, dan paralayang. Destinasi wisata gunung di Indonesia yang populer, diantaranya pegunungan Bromo-Tengger-Semeru, Rinjani, Semeru, dan lainnya.

Sport Tourism Massal di Kota atau Desa  

Kini di daerah-daerah di Indonesia, baik kota mauapun desa banyak yang menggelar kegiatan sport tourism. Biasanya menjadi bagian dari sebuah event olahraga atau momen-momen penting, semisal Hari Jadi suatu daerah atau promosi destinasi wisata. Jenis olahraga wisata yang menjadi pilihan favorit diselenggarakan di lokasi  seperti ini, antara lain tour sepeda dan lari marathon.

Event wisata olahraga yang diselenggarakan di Indonesia, diantaranya Tour de Linggarjati (event tour sepeda) di Kuningan, Jawa Barat; Borobudur Marathon (event lari) di area Candi Borobudur; Tour de Singkarak (event sepeda); Tour de Bintan (event sepeda); dan masih banyak lagi.

Silakan baca: Jenis Olahraga Sesuai dengan Kelompok Usia

Tren sport tourism tersebut sangat berpotensi besar dan memiliki pasar yang luas. Sehingga diharapkan dapat memberikan multiplier effect pada kegiatan ekonomi masyarakat terutama pasca-pandemi Covid-19 nanti.*