Pusat Kuliner Malam Galabo Bakal Diramaikan Kembali

pusat kuliner galabo
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming meninjau pusat kuliner malam Galabo, Senin (17/5/2021). (dok. jatengprov.go.id).*

 

BandungKlik – Pusat kuliner malam Galabo (Gladak Langen Boga) di kawasan Gladak Pasar Kliwon Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah bakal diramaikan dan dihidupkan kembali. Kabar ini disampaikan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming usai meninjau kondisi terkini lokasi kuliner tersebut.

Berada di Jalan Kapten Mulyadi tepatnya ujung Jalan Slamet Riyadi, kondisi pusat kuliner Galabo nampak tak terurus. Gibran meninjau langsung didampingi Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi dan Plt Kepala Dinas Pariwisata Aryo Widyandoko, Senin (17/5/2021) kemarin.

Pada kesempatan itu, Gibran menyempatkan diri berbincang dengan perwakilan paguyuban pedagang Galabo. Dengan saksama ia mendengarkan keluh kesah perwakilan pedagang. Pandemi Covid-19 menambah situasi dan kondisi usaha penggiat kuliner Galabo semakin terpuruk dan merugi. Bahkan sejumlah fasilitas di pusat kuliner itu kotor, rusak dan tak berfungsi dengan baik.

Menyikapi hal tersebut, Gibran bertekad mengembalikan kawasan Galabo itu sesuai dengan konsep awal. Tentu saja revitalisasi pusat jajanan tersebut bakal berdampingan dengan konsep baru yang dikembangkan di masa kepemimpinannya.

“Kalau bisa, kalau malam kegiatan ekonominya bisa seperti dulu lagi. Ini mau kita ramein lagi. kalau saya lihat tadi beberapa kios sepi, wastafel rusak. Nanti kita perbaiki,” ujar Gibran, dikutip dari laman jatengprov.go.id.

Pusat kuliner malam Galabo sempat menjadi destinasi wisata favorit warga Solo. Kawasan tersebut pertama kali dibuka 2008 pada masa Wali Kota Joko Widodo. Namun, seiring berjalannya waktu, pamornya kian meredup dan perlahan tinggalkan pengunjung.

“Kalau ramai lagi, kita bisa hidupkan perekonomiannya, biar nggak sepi kaya sekarang. Kan lumayan, dulu itu hari Sabtu, Minggu, omzet pedagang bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta,” kata Gibran.

Gibran berharap, dengan diramaikannya kembali Galabo dapat menarik masyarakat untuk mengunjungi kawasan tersebut. Dengan begitu, secara langsung akan menggeliatkan dan menggairahkan lagi roda perekonomian di wilayah tersebut. *

Silakan baca: Matur Nuwun Prameks, Sugeng Rawuh KRL Jogja – Solo

Silakan baca: 5 Event Jawa Tengah Masuk KEN 2021 Kemenparekraf