BandungKlik – Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terkenal sebagai penghasil ragam karya kerajinan tangan berkualitas. Banyak kerajinan tangan Jateng yang sudah populer, seperti batik, anyaman, ukiran, kerajinan perak, wayang, dan lainnya.

Di sana pun wisatawan akan mudah mencari tempat penjualan produk kerajinan untuk cendera mata. Sebab, banyak sekali spot belanja kerajinan tangan yang bisa dikunjungi.

Berikut ini ada tiga pusat kerajinan tangan Jateng dengan produk-produk berkualitas, namun dibanderol dengan harga yang bersahabat.

Pasar Triwindu, Solo

Pasar Triwindu berlokasi di sisi selatan kompleks Keraton Mangkunegaran, Kota Surakarta (Solo). Triwindu terbilang pasar melegenda karena sudah ada sejak tahun 1934.

Dibangun untuk meramaikan perayaan naik tahta Adipati Sri Mangkunegara VII yang ke-24. Dinamakan Triwindu, karena 24 tahun dalam istilah penanggalan Jawa yaitu tiga windu atau tri windu.

Di pasar yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto, Solo ini, tersedia berbagai barang antik. Diantaranya lampu antik, lampu teplok, topeng, serta piring kaca. Ada pula koleksi wayang, keris kuno, patung, koin kuno, perkakas rumah tangga, hingga kain batik dengan harga relatif murah.

Bagi kolektor barang-barang antik, Pasar Triwindu jadi pilihan tepat untuk berburu barang koleksi. Jangan lupa juga berfoto dengan latar belakang dinding berhiaskan barang-barang antik yang instagramable!

Pasar Klewer, Solo

Selain Pasar Triwindu tadi, Kota Solo juga punya satu lagi pasar yang cukup populer, yakni Pasar Klewer. Di pasar ini, wisatawan bisa puas mencari kerajinan tangan sebagai cendera mata dengan harga terjangkau.

Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di Solo. Berlokasi di Jl. DR. Radjiman No. 5A, Gajahan, persis di sebelah Keraton Surakarta Hadiningrat.  Di sana banyak penjual kain batik, ragam aksesoris, hingga beragam perlengkapan rumah tangga.

Aneka kerajinan yang ada di pasar tersebut, bahkan sudah diekspor ke berbagai negara. Sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Pasar Johar, Semarang

Pusat belanja kerajinan tangan berikutnya ada Pasar Johar di Kota Semarang. Pada tahun 1980-an, Pasar Johar merupakan pasar terbesar dan termegah di Asia Tenggara. Sudah berdiri sejak tahun 1930 dan menjadi pusat perdagangan, khususnya di Jawa Tengah.

Pasar ini berada di Jl. K.H. Agus Salim, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. Lokasinya termasuk dalam kawasan Kota Tua Semarang dan menjadi cagar budaya Kota Semarang.

Di sana, wisatawan dapat menemukan beragam kerajinan tangan, diantaranya kain batik, pakaian, sepatu, cendera mata, dan aksesoris lainnya. Harga barang-barangnya pun termasuk murah.*

 

Sumber & Foto: indonesia.travel