Pulau Leebong, Surga Mangrove bagi Pelancong

pulau leebong
Hutan bakau di Pulau Leebong. (dok. belitunginfo).*

 

BandungKlik – Pulau Leebong di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mungkin namanya belum setenar Tanjung Kelayang atau Lengkuas. Namun, pesonanya demikian indah dan mengagumkan. Keindahan hutan mangrove di sana bagai surga terpendam bagi pelancong.

Leebong adalah pulau mungil nan cantik. Luasnya sekira 37 hektare terhampar di barat daya Pulau Belitung. Dari Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung berjarak sekira 25 kilometer.

Dari pusat kota, sedikitnya perlu waktu berkendara selama 45 menit menuju pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru. Ini adalah salah satu terminal laut utama di Belitung. Untuk sampai di pelabuhan ini bisa menyewa kendaraan.

Perjalanan menuju pulau ini dari Pelabuhan Tanjung Ru kurang lebih 20 menit dengan menempuh jarak sekira 5 kilometer. Ombak laut yang tenang dan bersahabat bakal menemani para pelancong selama perjalanan singkat ini. Namun, pulau-pulau cantik di sekeliling seperti Pulau Rengit, Betangan, Baguk, dan Menkokong yang ditumbuhi hutan bakau begitu memanjakan mata.

Silakan baca: Relaksasi Mata di Pantai Tanjung Pesona Bangka

Birunya laut dan pasir putihnya mengiringi setiap pelancong yang datang. Pantaslah bila Pulau Leebong beroleh penghargaan dari Tripadvisor Excellence 2018.

Mangrove alias hutau bakau di Pulau Leebong tak hanya indah dipandang. Lebih dari itu, kawasan ini menjadi surga bagi hewan dan tumbuhan. Dengan ekosistem yang terjaga membuat pengunjung bisa menikmati keindahan yang mempesona itu.

Pulau Leebong yang asri menyajikan sejumlah aktivitas yang menyenangkan bagi wisatawan. Selain berenang dan bermain pasir nan putih, pengelola pulau ini menyediakan berbagai fasilitas kegiatan lain. Sebut saja hammock di atas air, paddleboard hingga bersepeda keliling pulau.

Sambil berkeliling, pelancong bakal diajak menikmati suasana hijau nan asri yang ditumbuhi flora Pulau Leebong seperti pohon sikas. Jika sedang beruntung, wisatawan dapat menyaksikan atraksi alam sekelompok burung kuntul kecil, camar, dan dara laut bertengger di pucuk pohon bakau. *

Silakan baca: Puri Tri Agung Bangka, Berdiri Megah Menghadap Lautan