Pulau Dodola, Mutiara Eksotik di Bibir Pasifik

pulau dodola
Pulau Dodola. (pulaumorotaikab.go.id).*

 

BandungKlik – Pulau Dodola adalah salah satu pulau eksotik di Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara. Morotai tercatat sebagai salah satu pulau paling utara di Indonesia yang mengarah ke Samudera Pasifik.

Karena punya pesona yang mengagumkan, Pulau Dodola bakal membuat pengunjung berdecak kagum. Tak heran, pemerintah daerah setempat menyebutnya sebagai mutiara di bibir Pasifik. Ini adalah destinasi yang patut dikunjungi ketika melancong ke Kabupaten Pulau Morotai.

Benar, Pulau Dodola punya keindahan alam daratan dan bawah laut yang sangat luar biasa. Boleh dibilang pula sebagai pulau tercantik di Indonesia timur.

Di kawasan ini terdapat dua pulau yang besar dan kecil berjarak sekira 500 meter. Lantas, apa yang unik dari kedua pulau ini?

Dikutip dari wonderful.pulaumorotaikab.go.id, keunikan Dodola besar dan kecil menyatu ketika air pasang. Sebaliknya, kedua pulau bakal terpisah saat air laut surut. Rentang waktu air surut di wilayah ini antara pukul 10.30 hingga 19.00 waktu setempat.

Anda penikmat pasir putih? Di Pulau Dodola pun Anda akan menemukannya.

Hamparan pasir putih halus menghubungkan kedua pulau itu dan air laut yang jernih. Desiran ombak kecil dan langit yang biru bikin suasana pulau ini semakin romantis. Terlebih, bagi wisatawan yang berlibur bersama pasangan.

Pemerintah daerah setempat menyiapkan cottage bagi wisatawan yang ingin bermalam dengan harga terjangkau. Dengan demikian, tak perlu repot lagi mencari penginapan.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini antara alain snorkeling, berenang, memancing, dan jetski. Untuk menjelajah pulau-pulau terdekat, wisatawan bisa menyewa speedboat seharian meskipun tarifnya lumayan mahal.

Keindahan bawah laut Pulau Dodola sangatlah menawan. Sedikitnya ada 13 titik penyelaman di lokasi ini. Tak hanya itu, terdapat juga beberapa kapal dan pesawat perang yang karam. Sebab, Morotai pernah menjadi tempat berkecamuknya perang antara Jepang dan Sekutu pada Perang Dunia ke-2. *

Silakan baca: Mulut Seribu di Pulau Rote, “Saudara Kembar” Raja Ampat

Silakan baca: Menjelajah Pulau Tawale, Pesona Alam Maluku Utara