BandungKlik – Seluruh destinasi wisata yang dikelola PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT TWC) siap menyambut kedatangan delegasi Presidensi G20 Indonesia 2022. Berbagai persiapan sarana dan prasarana dilakukan dalam mendukung pelaksanaan agenda kerja forum internasional yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa ini.

PT TWC sebagai pengelola destinasi berbasis cagar budaya mendukung penyelenggaraan G20. Sebagai salah satu program yang turut memajukan industri pariwisata. Hal tersebut dilakukan dengan mempersiapkan kawasan serta pelayanan operasional berstandar internasional.

Adapun destinasi yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan G20, antara lain Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Rama Shinta Resto Teater beserta Teater, dan Pentas Ramayana, Dagi Abhinaya di kompleks TWC Borobudur.

Sementara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta masih menjalani proses revitalisasi. Untuk menyambut delegasi G20 di kuartal ketiga tahun 2022 ini.

Disampaikan Direktur Utama PT TWC Edy Setijono, bahwa agenda kerja Presidensi G20 Indonesia 2022 ini akan menggairahkan sektor pariwisata dan jasa pendukungnya. Melalui tema “Recover Together, Recover Stronger”, Presidensi G20 Indonesia 2022 merupakan momentum untuk mengaktivasi penyelenggaraan pariwisata berkualitas. Terutama untuk mendukung pemulihan pariwisata menuju era pascapandemi.

Silakan baca: 5 Spot Menarik di Sekitar Kompleks Candi Prambanan

“Sejak akhir tahun lalu kita sudah fokus untuk persiapan menyambut G20 ini. Persiapan kawasan sudah dilakukan dengan maksimal dengan menggandeng sejumlah stakeholder terkait. Semoga penyelenggaraan G20 ini bisa menjadi momentum untuk mengembangkan pariwisata berkualitas di Indonesia,” jelasnya di Yogyakarta, Rabu (16/3/2022), dikutip dari laman bumn.go.id, Kamis (17/3/22).

Rangkaian Acara

Ada tiga rangkaian event G20 khusus pada tanggal 17, 24, dan 25 Maret 2022. Berlangsung di kawasan Taman Wisata Candi (TWC). Diantaranya G20 Education Working Group (EdWG), G20 on Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (EDM-CSWG) dan G20 Energy Transition Working Group (ETWG). Rangkaian acara ini akan diikuti 20 negara anggota G20 maupun partisipan dari negara lainnya.

Saat rangkaian acara ini berlangsung, PT TWC tetap menerapkan protokol kesehatan bagi para delegasi G20. Melalui pembatasan mobilitas maupun interaksi dilakukan bagi para peserta.

“Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak, mengingat destinasi kami digunakan oleh tiga agenda kerja dari tiga kementerian berbeda. Ini menjadi tantangan sekaligus merentangkan semangat kolaborasi lintas fraksi dengan tujuan mensukseskan agenda kerja G20,” ungkap Edy.

Nantinya, PT TWC juga akan mengajak delegasi G20 menjelajahi travel experience yang disuguhkan di tiap destinasi unggulannya. Seperti dinner dengan panorama Candi Prambanan, sunrise dan breakfast di Bukit Dagi menikmati panorama Candi Borobudur. Maupun menonton pertunjukan legendaris Sendratari Ramayana dan Dramatari Roro Jonggrang.

Silakan baca: Dagi Abhinaya Cottage Sajikan View Candi Borobudur

Sementara untuk gala dinner akan dilaksanakan di TWC Prambanan, sehingga sajian dan pelayanannya pun menjadi fokus yang diutamakan. The Manohara Hotel Yogyakarta sebagai salah satu anak usaha PT TWC, yang akan menghadirkan menu unggulan berformat set menu maupun buffet dengan varian menu Western, Nusantara, maupun Asia.*