Provinsi Jawa Tengah Targetkan 500 Desa Wisata Tumbuh

desa wisata candirejo jawa tengah
Desa Wisata Candirejo di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. (kemenparekraf.go.id).*

 

BandungKlik – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan 500 desa wisata tumbuh di wilayahnya hingga tahun 2023. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Rachmadi, Jumat (4/6/2021).

Ia menyampaikannya usai mendampingi Menparekreaf Sandiaga Uno melakukan sosialisasi “ADWI 2021” di Desa Wisata Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Malang.

“Sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah Provinsi Jawa Tengah, kami menargetkan 500 desa wisata tumbuh di Jateng,” kata Sinoeng.

Dikutip dari kemenparekraf.go.id, masih kata dia, sampai saat ini sudah ada sekira 370 desa wisata di Jawa Tengah. Sinoeng menyebut, ratusan desa wisata yang ada dibagi dalam tiga kategori. Pertama sekira 150 desa wisata rintisan, kedua 200 desa wisata berkembang, dan ketiga 20 desa wisata maju.

Lebih lanjut Sinoeng mengatakan, pemerintah daerah mendukung dan membantu desa-desa wisata di seluruh Jawa Tengah untuk terus tumbuh dan berkembang. Salah satu dukungan yang diberikan antara lain lewat stimulus dana pengembangan desa wisata. Setiap desa wisata beroleh nilai bantuan yang berbeda sesuai kategorinya.

Bantun dana yang akan diberikan berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah. Adapun nilai bantuan untuk desa wisata rintisan sebesar Rp 100 juta dan desa wisata berkembang Rp 500 juta. Untuk desa wisata maju pemerintah menggelontorkan dana mencapai Rp 1 miliar.

“Kita harapkan yang berkembang naik menjadi desa wisata maju. Desa wisata rintisan naik menjadi desa wisata berkembang dan muncul lebih banyak lagi desa wisata rintisan,” ujar Sinoeng

Artinya, kata Sinoeng, pemerintah daerah menyambut baik kebijakan dari Kemenparekraf untuk mendukung pengembangan pariwisata khususnya desa wisata.

Sementara itu Menparekraf Sandiaga mengatakan, Candirejo merupakan desa yang kaya akan potensi pariwisata serta sumber daya alam. Candirejo ditetapkan sebagai desa wisata pertama di Kabupaten Magelang.

“Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan acuan dan motivasi bagi desa lainnya yang ada di Indonesia untuk mengembangkan desa wisata,” kata Sandiaga. *

Silakan baca: Bontang Kuala, Desa Wisata Pertama di Kalimantan Timur

Silakan baca: 5 Atraksi Seru di Desa Wisata Pujon Kidul Malang