Presiden Joko Widodo Resmikan Gerakan Beli Kreatif Danau Toba

kuliner Khas Danau Toba
Danau Toba. (dok. maritim.go.id).*

 

BandungKlik – Presiden Joko Widodo meresmikan gerakan Beli Kreatif Danau Toba. Hal ini sebagai upaya mengembangkan potensi ekonomi kreatif di kawasan destinasi superprioritas (DSP) Danau Toba.

Pada kesempatan itu, Joko Widodo memperkenalkan aplikasi Jaringan Pariwisata Hub (JP Hub) sebagai platform daring untuk mempromosikan gerakan tersebut.

“Aplikasi ini akan menjadi pintu pengetahuan, pencarian hingga pemesanan destinasi mulai dari tingkat provinsi hingga desa. Serta dilengkapi dengan atraksi wisatanya. Sudah waktunya pariwisata Indonesia tumbuh bersama ekonomi kreatifnya,” kata Joko Widodo dalam sambutannya secara daring pada acara peluncuran Beli Kreatif Danau Toba, Sabtu (20/2/2021).

Dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, Presiden Joko Widodo mengatakan, gerakan tersebut sebagai lanjutan dari gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” (gernas BBI).

“Pada 2020, gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM yang onboard ke platform e-commerce untuk meluaskan potensi pasar hingga nasional bahkan mancanegara,” tutur Joko Widodo.

Silakan baca:

Pesona Danau Toba, Destinasi Super Prioritas yang Menakjubkan

Pada kesempatan itu, presiden menyebut Danau Toba sebagai kawasan DSP punya potensi ekonomi kreatif yang layak dikembangkan. Contohnya, kata dia, kain ulos dan kopi Sidikalang yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia.

Selain mengajak pelaku ekonomi kreatif untuk berorientasi pada platform e-commerce, gerakan tersebut dilengkapi dengan pendampingan dan edukasi. Harapannya, para pelaku ekonomi kreatif bisa mengembangkan dan memajukan usahanya di platform digital.

Di samping kaya akan potensi ekonomi kreatifnya, kawasan Danau Toba dengan bentang alam danau vulkaniknya punya panorama yang menakjubkan. “Paduan pariwisata dan hasil ekonomi kreatif yang layak digaungkan ke seluruh nusantara hingga dunia. Diharapkan, akan mampu membangkitkan ekonomi Indonesia lewat industri digital,” kata Joko Widodo.

Saat pandemi ini, penjualan produk secara fisik masih sangat sulit dilakukan. Akan tetapi, dengan penjualan lewat paltform digital bisa membantu ekonomi masyarakat di masa-masa sulit. *

Silakan baca:

#BeliKreatifDanauToba, Bangkitkan UMKM di Danau Toba