PPKM Level 3 Libur Nataru Batal, Warga Boleh Lakukan Perjalanan

ppkm level 3 libur nataru
Ilustrasi perjalanan wisata. (britishcouncil.org).*

 

BandungKlik – Pemerintah membatalkan PPKM Level 3 pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di semua wilayah. Dengan pembatalan ini, warga boleh melakukan perjalanan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Penerapan level PPKM pada periode tersebut akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan.

Mengutip hal ini dari siaran pers Menko Marves, ada beberapa aspek yang melatarbelakangi pembatalan PPKM Level 3 tersebut. Salah satunya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan terkendali pada tingkat rendah. Sejauh ini, Indonesia berhasil menekan angka kasus konfirmasi Covid-19 harian dengan stabil di bawah angka 400 kasus.

Pencapaian tersebut juga terlihat dari tren perubahan level PPKM kabupaten dan kota di Jawa dan Bali. Seturut asesmen per 4 Desember, jumlah kabupaten dan kota yang tersisa di level 3 hanya 9,4% atau 12 kabupaten dan kota dari total kabupaten dan kota di Jawa dan Bali.

Merespons perkembangan ini, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang menjelang Natal dan Tahun Baru.

(bluelynx).*

Syarat perjalanan

“Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri,” ujar Menko Marves Luhut Panjaitan, dikutip dari laman maritim.go.id, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, pemerintah juga melarang semua jenis perayaan Tahun Baru di hotel, pusat perbelanjaan, mal, tempat wisata dan tempat keramaian umum lainnya. Untuk operasional pusat perbelanjaan, restoran, bioskop, dan tempat wisata hanya diizinkan dengan kapasitas maksimal 75%. Itu pun hanya untuk orang dengan kategori hijau di aplikasi Peduli Lindungi.

“Untuk acara sosial budaya, kerumunan masyarakat yang diizinkan berjumlah maksimal 50 orang,” ujar Luhut.

Selama libur Nataru, syarat perjalanan jarak jauh dalam negeri adalah wajib vaksinasi lengkap. Syarat lainnya hasil  tes antigen negatif 1×24 jam sebelum keberangkatan. Untuk anak-anak syaratnya tes RT-PCR yang berlaku 3×24 jam untuk perjalanan udara dan antigen 1×24 jam untuk darat dan laut. *

 

Silakan baca: Kalbar Siapkan Paket Wisata Perjalanan “Heart of Borneo”