BandungKlik – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan 108 hotel untuk jemaah haji Indonesia di Mekah. Dikutip dari laman kemenag.go.id, akomodasi selama di Mekah minimal setara dengan hotel bintang 3, bahkan ada yang bintang 4 dan 5.

Adapun hotel-hotel untuk jemaah haji Indonesia tersebut tersebar di lima kawasan sebagai berikut:

  1. Mahbas Jin (17 hotel)
  2. Jarwal (10 hotel)
  3. Raudlah (15 hotel)
  4. Misfalah (26 hotel)
  5. Syisyah (40 hotel)

Jemaah haji Indonesia kelompok terbang pertama sudah diberangkatkan pada 24 Mei 2023 lalu menuju Madinah. Para jemaah secara berangsur dijadwalkan mulai tiba di Mekah pada 2 Juni 2023.

Sebaran embarkasi

Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid mengatakan, penempatan jemaah di hotel-hotel tersebut berdasarkan sebaran embarkasi.

“Ketentuan penempatan jemaah haji Indonesia berdasarkan sebaran embarkasi keberangkatan mereka,” kata Subhan, dikutip dari kemenag.go.id, Senin (5/6/2023).

Menurut dia, lokasi hotel di Mekah itu terbagi dalam 11 sektor dan satu sektor khusus Masjidil Haram. Jarak terdekat dari hotel ke Masjidil Haram sekitar 850 di Jarwal, sedangkan terjauh sekitar 4.339 meter dari Syisyah.

“PPIH Arab Saudi telah siapkan Bus Shalawat untuk mengantar jemaah ke Masjidil Haram, pergi dan pulang. Bus Shalawat ini akan beroperasi selama 24 jam,” kata Subhan.*

Silakan baca:

Angkasa Pura Airports Layani 269 Kloter Haji 2023