Point Nemo, Tempat Terpencil di Dunia

point nemo
Lokasi Point Nemo di Samudera Pasifik. (oceanservice.noa.gov).*

 

BandungKlik – Di manakah tempat paling terpencil di dunia? Di manakah tempat yang hampir tak pernah ada orang yang menyambanginya? Point Nemo, saat ini menyandang predikat itu karena memang demikian kenyataannya.

Para ilmuwan misantropik atau antimanusia menemukan tempat yang sangat jauh dari peradaban dan mirip dengan planet lain. Mereka menyebutnya Point Nemo yang diambil dari bahasa latin bermakna “tidak ada siapa-siapa”. Tentu yang dimaksud adalah tak ada manusia di tempat tersebut.

Sebagaimana dikutip Travel and Leisure, tempat tersebut berada di kawasan laut di tengah Samudera Pasifik . Di sana tak ada pulau atau daratan sama sekali.

Point Nemo baru bisa dicapai setelah melakukan perjalanan 15 hari, 10 jam serta 37 menit dengan kapal laut dari daratan terdekat. Sebenarnya, tak ada kapal yang memakai rute melewati lokasi tersebut atau mendekati kawasan itu.

Di sekitar kita, banyak dijumpai rumah tetangga dekat berjarak beberapa inci saja dari rumah kita. Menengok dari jendela rumah, bahkan kita sudah bisa bertatap muka atau bertegur sapa dengan tetangga.

Namun, lain cerita dengan Point Nemo yang namanya sama dengan salah satu jenis ikan badut yang terkenal dalam film animasi.  Jarak terdekat dengan tempat yang dihuni manusia adalah 2.689 kilometer sehingga membuatnya sangat sepi dan hampa. Bayangkan saja, jika dihitung jarak ini sejauh kira-kira antara Bandung dan Banda Aceh.

Disebutkan dalam laman tersebut, pulau paling dekat adalah Tristan Da Cunha di selatan Samudera Pasifik. Pulau ini juga sebetulnya cukup sepi sebab hanya dihuni sekitar 264 orang.

Oleh karena itu, Point Nemo menyimpan banyak hal yang masih belum diketahui manusia lantaran keterasingannya tersebut. Luasnya Samudera Pasifik memberi salah satu alasan mengapa tempat ini paling terpencil di dunia. *

Silakan baca: Sentinel, Pulau Indah Berpenduduk Misterius