Platform Go Mandalika Dorong Digitalisasi Pariwisata

Go Mandalika
Kawasan Mandalika. (dok. indonesia.travel)

 

BandungKlik – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengapresiasi peluncuran platform e-tourism Go Mandalika. Sebagai upaya mendorong digitalisasi sektor pariwisata di tengah pandemi COVID-19.

Dalam siaran pers Kemenparekraf, e-tourism Go Mandalika merupakan salah satu platform digital yang dihadirkan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Untuk memberikan kemudahan kepada wisatawan dalam memperoleh informasi mengenai pariwisata di wilayah tersebut. Wisatawan dapat mengaksesnya melalui www.gomandalika.com.

Nama Mandalika terpilih karena salah satu dari 5 destinasi super prioritas tanah air. Sehingga, diyakini dapat memperkuat brand image platform digital tersebut.

“Hari ini, alhamdulillah kita luncurkan gomandalika.com. Saya sangat mengapresiasi pariwisata Mandalika yang di masa pandemi ini telah mewujudkan penerapan teknologi informasi atau e-tourism sebagai langkah pengembangan pariwisata di era digital,” papar Menparekraf dalam sambutan acara “Launching e-tourism Go Mandalika” secara daring, di Jakarta, Senin (15/3/2021).

Hadir pula dalam acara, antara lain Deputi Bidang Ekonomi Digital Dan Produk Kreatif Kemenparekraf Neil El Himam, Bupati Lombok Tengah Pathul Bahri, Wakil Bupati Lombok Tengah Nursiah, Ketua DPRD Lombok Tengah M. Tauhid, Sekretaris Daerah Lombok Tengah Lalu Idham Khalid, Kadispar NTB Lalu Moh. Faozal, Penggiat Pakar Pariwisata Nasional Taufan Rahmadi, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lendek Jayadi, dan Direktur Politeknik Pariwisata Lombok Herry Rachmat Widjaja.

Silakan baca:

Mandalika Sajikan Pesona Alam, Budaya & Pariwisata Olahraga

5 Rekomendasi Hotel di Mandalika Lombok

Platform Go Mandalika dikemas dengan konsep website majalah, agar wisatawan dapat merasakan sensasi membaca majalah yang ringan dan tidak membosankan. Didukung dengan penggunaan gambar dan artikel mengenai destinasi wisata yang sangat beragam dan berkualitas.

Salah satu rubrik Go Mandalika, yaitu rubrik MotoGP yang secara khusus menginformasikan pengembangan rute MotoGP Mandalika 2021. Go Mandalika juga menyediakan ruang bagi artisan lokal untuk mempromosikan produk dan karya kreatif mereka.

“Saya ingin platform ini tidak hanya sekadar menjadi media informasi terpercaya, melainkan juga menjadi rumah kolaborasi digital bagi stakeholders pariwisata di Lombok Tengah. Selamat untuk Kabupaten Lombok Tengah atas peluncuran gomandalika.com. Semoga ke depan e-tourism dapat dikembangkan lebih luas lagi, demi kemajuan pariwisata Lombok Tengah dan Indonesia tentunya,” ucap Sandiaga.

Sementara Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, mengucapkan terima kasih atas perhatian dan apresiasi yang diberikan Menparekraf kepada masyarakat Lombok Tengah. Perhatian tersebut diharapkan menjadi tambahan semangat bagi masyarakat dalam memajukan daerah ini, khususnya di bidang pariwisata.

Kini Lombok Tengah menjadi salah satu daerah prioritas bagi pemerintah pusat dalam pengembangan destinasi wisata tanah air. Penting untuk mendorong seluruh pihak bersama-sama berupaya melestarikan dan mempromosikannya.

Silakan baca: Inilah Kalender Event NTB 2021, MotoGP Salah Satunya!

“Salah satu upaya kami adalah dengan membuat e-tourism gomandalika.com. Melalui online platform ini Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menyediakan berbagai macam informasi mengenai pariwisata Lombok Tengah yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun. Dengan sekali klik masyarakat dunia dapat menjelajahi Kabupaten Lombok Tengah dengan segala keindahannya secara virtual,” jelasnya.

Melalui program tersebut, Pathul Bahri berharap perekonomian masyarakat Lombok Tengah, khususnya pelaku pariwisata dapat kembali bangkit.*