BandungKlik – Jika berencana menghabiskan liburan akhir pekan di Jakarta, kalian bisa pilih piknik ke Agro Edukasi Wisata Ragunan. Tak hanya tempatnya yang asyik dan menyenangkan, tapi wisatawan bisa menambah wawasan baru soal lingkungan di sini.

Kawasan agrowisata di Jakarta yang satu ini didirikan oleh Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian. Tujuannya sebagai tempat percontohan pertanian perkotaan untuk sarana edukasi.

Agro Edukasi Wisata Ragunan merupakan program pengembangan dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Ragunan sebagai pusat penyediaan bibit tanaman. Kepemilikannya di bawah Sudin (Suku Dinas) Kelautan Perikanan, dan Ketahanan Pangan.

Tempat ini memiliki luas area mencapai kurang lebih 2,2 hektare dan menjadi pusat edukasi percontohan pertanian perkotaan, khususnya di Jakarta Selatan. Lokasinya terletak di Jalan Poncol RT01/RW04, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Di samping sebagai tujuan wisata, kawasan Agro Edukasi Wisata Ragunan pun menjadi sarana edukasi atau pembelajaran bagi masyarakat umum, komunitas, maupun pelajar. Di sini wisatawan bisa mengenal teknologi budidaya di sektor pertanian, peternakan, hingga perikanan.

Silakan baca: 7 Kuliner Jakarta Legendaris yang Wajib Dicoba

Bahkan bukan hanya teknologi budidaya yang bisa dipelajari di sini. Tetapi objek wisata di Ragunan ini juga menjadi sarana pembelajaran untuk teknologi pengolahan hasil. Baik itu hasil pertanian, peternakan, maupun perikanan. Sehingga wisatawan akan mendapat wawasan yang cukup lengkap.

Diharapkan dengan teknologi yang ada di sini, masyarakat mengadopsi dan mengaplikasikannya di lingkungan masing-masing. Atraksi wisata yang Agro Edukasi Wisata Ragunan ini tawarkan mencakup aktivitas dari hulu sampai hilir. Seperti dari perkebunan buah misalnya, kalian bisa mengenal dari mulai proses penanaman biji, perawatan tanaman, hingga memanen hasil buahnya.

Beli Produk & Hunting Foto di Agro Eduwisata Ragunan

Ketika berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan tidak hanya dapat menikmati wisata edukasi. Tapi ada pula kegiatan seru lainnya. Seperti menikmati atau membeli komoditas hasil sayuran segar, susu sapi segar, hingga ikan.

Selain menyediakan produk segar, Agro Edukasi Wisata Ragunan juga menawarkan beragam produk olahan dari hasil bumi yang ada di sana. Produk ini merupakan karya dari kelompok UKM binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Silakan baca: Mengenal JIS, Stadion Megah Dunia yang Ada di Jakarta

Oh iya jangan lupa, saat mampir ke tempat wisata ini untuk mengabadikan setiap momen lewat jepretan kamera atau ponsel. Bagi penyuka wisata selfie bisa puaskan diri di sini dengan swafoto berlatar kebun-kebun yang cantik. Dijamin hasil fotonya akan keren dan instagenic untuk diunggah di medsos.*

 

 

Sumber & Foto: jadesta.kemenparekraf