Pesta Kesenian Bali XLIII Digelar 12 Juni – 10 Juli 2021

pesta kesenian bali
Presiden Joko Widodo melepas pawai Pesta Kesenian Bali 2019. (setkab.go.id).*

 

BandungKlik – Pemerintah Provinsi Bali tetap menggelar Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII 12 Juni – 10 Juli 2021. Di masa pandemi Covid-19 saat ini, rangkaian kegiatan akan dilakukan secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Event rutin tersebut selalu digelar tiap tahun kecuali PKB XLII 2020 karena pertimbangan Covid-19 yang tengah memuncak. Sejalan dengan itu pula, PKB kali ini mengusung tagar #LuunganMabalihUliJumah dan #NontonPKBdariRumah. Harapannya, masyarakat Bali dan umum dapat menyaksikan seluruh rangkaian acara secara virtual.

PKB XLIII tahun 2021 merupakan salah satu implementasi pembangunan Provinsi Bali 2018-2023 : Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ada pun tema yang diusung adalah Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi (Jiwa Paripurna Nafas Pohon Kehidupan). Ini bermakna memuliakan pohon/ hutan sebagai simfoni harmoni semesta menuju kesejahteraan hidup dengan jiwa yang maha sempurna.

Dalam pelaksanaannya, PKB XLII 2021 didedikasikan sebagai ruang apresiasi keberadaan seni-seni klasik maupun tradisional Bali yang terus berkembang.

Sepanjang 43 tahun pergelaran, PKB telah menjadi ikon festival seni terbesar dan bersifat kolosal di Provinsi Bali. Bahkan, PKB dinilai sebagai event seni dan budaya yang bernilai sejarah.

Tahun ini, PKB melibatkan 10 ribu seniman dari komunitas dan sekaa unggulan dari kota/ kabupaten se-Bali, termasuk perwakilan luar negeri.

Silakan baca: Pemerintah Dorong Pemulihan Pariwisata di Bali

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Gede Arya Sugiartha mengatakan konsep adiluhung dalam tema acara akan menjadi pemantik kreativitas berbasis tradisi. Selain itu, akan memotivasi generasi Bali masa kini untuk selalu mencintai kebudayaan luhur, membangun karakter, jati diri, dan kesejahteraan.

“Khusus untuk program Widyatula atau Saresehan tahun 2021 diselenggarakan enam kali. Semua tajuk mempresentasikan tema utama PKB XLIII mengenai upaya menjaga dan merawat lingkungan berkelanjutan,” tutur I Gede Arya Sugiartha, dikutip dari baliprov.go.id, Kamis (10/6/2021).

Selama sebulan penuh, PKB XLIII 2021 menghadirkan beragam agenda dan aktivitas, antara lain:

  • Peed Aya (Pawai)
  • Rekasadana (Pergelaran)
  • Utsawa (Parade)
  • Wimbakara (Lomba)
  • Kandarupa (Pameran)
  • Kriyaloka (Lokakarya)
  • Widyatula (Sarasehan)
  • Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).

Rencananya, PKB XLIII 2021 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara daring dan disiarkan langsung di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali pada 12 Juni 2021 pukul 11.00 – 12.30 WITA. *

Silakan baca: Pemerintah Terapkan Kebijakan ASN Work from Bali