Pesona Tanjung Lesung yang Anggun di Barat Jawa

tanjung lesung
(Tanjung Lesung Resort). *

 

BandungKlik – Tanjung Lesung adalah karya Tuhan Yang Maha Agung. Pantai pasir putihnya terlihat anggun mengikuti lekuk sebagian Pulau Jawa di Selat Sunda.

Tak diragukan lagi, panorama di kawasan pesisir barat Jawa tersebut begitu memukau. Inilah salah satu pantai terbaik di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Lantas, apa yang bisa dilakukan di pantai ini?

Kawasan Tanjung Lesung terhampar seluas 1.500 hektare. Banyak aktivitas fun yang bisa dinikmati selama berlibur. Sebut saja banana boat, snorkeling, scuba diving, water ski, fishing hingga ATV adventure.

Apabila cuaca cerah, kita dapat menikmati sunrise dan sunset di titik yang sama. Sebab, panorama langit menjelang pagi dan senja di sana sama-sama indah. Bonusnya, pesona Gunung Anak Krakatau yang gagah terlihat menjulang di tengah Selat Sunda.

Menurut catatan sejarah, gunung baru tersebut mulai muncul di permukaan laut pada 1928. Gunung Anak Krakatau termasuk gunungapi yang masih aktif.

Ketika gelombang laut sedang bersahabat, kita dapat menyambangi gunung tersebut dengan menggunakan speedboat. Waktu tempuhnya kira-kira 90 menit. Meskipun lumayan lama tetapi mengasyikkan.

Beach Club

(Tanjung Lesung Resort). *

Perjalanan laut bisa dimulai dari Beach Club. Begitu pun bila hendak menuju Pulau Liwungan yaitu pulau kecil nan cantik di seputar kawasan itu. Biasanya menyeberang ke pulau tersebut menyewa perahu nelayan.

Selain ke Krakatau dan Pulau Liwungan, dari Tanjung Lesung terbuka juga akses tamasya menuju Taman Nasional Ujung Kulon. Tentu saja melintasi perairan menggunakan perahu.

Berkunjung ke destinasi wisata ini memang tak cukup hanya sehari atau dua hari. Di Beach Club saja banyak wisata air yang bisa dilakukan. Kita bisa bermain pasir, ayunan di atas air hingga aktivitas minat khusus.

Di sepanjang jalan utama Tanjung Lesung terdapat banyak rumah warga lokal yang disewakan. Dari data administrator Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, sedikitnya ada 70 homestay yang sudah beroperasi. Biaya sewa per malamnya cukup bersahabat, mulai dari 200 ribu per kamar. Akomodasi lainnya adalah vila dan resor bintang empat yang berada di dalam kawasan. *

Silakan baca: Motif Batik Cikadu Pandeglang Usung Kearifan Lokal

Silakan baca: Pengembangan Infrastruktur KEK Tanjung Lesung Dongkrak Pariwisata