Pesona Labuan Bajo Tak Hanya Pulau Komodo

labuan bajo
Perbukitan di Labuan Bajo. (dok. indonesia.go.id).*

 

BandungKlik – Pesona Labuan Bajo memang luar biasa. Di kawasan ini, wisatawan tak hanya disuguhkan pesona Pulau Komodo tetapi juga panorama alam yang memukau.

Labuan Bajo sesungguhnya adalah sebuah desa di ujung barat Pulau Flores. Secara administratif berada di Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Desa tersebut punya arti sebagai tempat berlabuhnya orang Bajo yang dalam bahasa setempat disapa Mbajo. Tak salah, desa ini menjadi tempat bermukim para pendatang asal suku Bajo di Sulawesi yang merantau mencari ikan di seputar perairan Flores.

Keberadaan komodo di Pulau Komodo yang pertama kali diberitakan pada 1912 menjadi jalan bagi Labuan Bajo untuk menggeliat. Ya, desa cantik ini menjadi pintu masuk para pelancong dan peneliti untuk melihat kadal raksasa tersebut. Masyarakat lokal menyebut hewan reptil purba itu dengan nama ora.

Tahun 2020, pemerintah menetapkan Labuan Bajo sebagai satu dari lima destinasi superprioritas (DSP) yang bakal dikembangkan sampai lima tahun ke depan. Salah satunya pembangunan infrastruktur Bandara Internasional Komodo yang diproyeksikan menampung hingga 4 juta penumpang per tahun.

Silakan baca:

Candi Borobudur, Inspirasi Peradaban Manusia

Selain Pulau Komodo, pesona andalan Labuan Bajo nampak pada gugusan pulau dengan pantai yang cantik dan berair jernih. Panorama matahari terbenam di destinasi ini menyajikan suasana yang sulit dilupakan.

Pantai Pink di Taman Nasional Komodo menjadi destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Warna merah muda pantai ini berasal dari pecahan kerang dan hewan mikroskopis alias berukuran sangat kecil.

Keindahan bawah laut di pantai ini juga sudah tak diragukan lagi. Terumbu karang yang anggun dan beragam ikan hias bawah lautnya demikian mengagumkan. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai indah ini, salah satunya snorkeling.

Di samping pesona alam, kawasan DSP Labuan Bajo pun menawarkan keindahan budaya. Keindahan ini tercermin di Desa Wae Rebo yang sejuk dan terhampar 1.200 mdpl. *

Sumber: indonesia.go.id