BandungKlik – Pantai Pasir Padi merupakan salah satu pantai populer di Pulau Bangka. Selain lokasinya tak jauh dari pusat Kota Pangkalpinang, pantai ini juga memiliki pesona alam yang sangat indah.

Pantai yang berada di Kelurahan Air Itam tersebut, hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat Kota Pangkalpinang. Nama Pasir Padi lahir karena pantai ini dari kejauhan tampak berwarna seperti padi yang dihamparkan.

Pesona keindahannya terlukis dari garis pantai memanjang sejauh 2 kilometer dengan hamparan pasir putih. Uniknya, lanskap pantainya landai, kontur pasir yang padat sehingga nyaman untuk dilalui dengan berjalan kaki. Bahkan dapat dilalui kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat.

Pulau Punai, sebuah daratan kecil yang terletak tak jauh dari bibir pantai menjadi ikon menarik Pantai Pasir Padi. Kala air sedang surut, pulau itu dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Terumbu karang berwarna kemerahan pun akan tampak. Pengunjung bisa berdiri di atas sana dan mengabadikannya lewat jepretan kamera.

Silakan baca: Danau Kaolin, Danau Unik Dua Warna di Bangka

Panorama lainnya, di seberang pantai tampak Pulau Semujur dan Pulau Panjang. Tempat ini juga menjadi lokasi yang baik untuk menikmati momen sunrise atau mentari terbit. Pemandangan pantai di kala pagi sungguh sangat indah.

Saat siang hari pada jam-jam tertentu, dari pantai ini akan terlihat kapal cepat dari dan ke Pulau Belitung yang melintas. Waktu pagi dan sore, pengunjung bisa melihat aktivitas para ibu warga sekitar yang sedang mencari lokan dan siput. Dengan cara seperti membajak sawah memakai tongkat kayu.

Dalam momen-momen tertentu, destinasi pantai ini juga sering dijadikan tempat pergelaran sejumlah event seni dan budaya yang menarik. Diantaranya event momen Imlek, Peh Cun, dan lainnya.

Di sana tersedia pula fasilitas pendukung, seperti resor, penginapan, restoran, pusat jajanan, tempat suvenir, arena bermain anak, outbound dan ketangkasan, serta permainan olahraga air. Di sepanjang sisi pantai terdapat rumah makan yang menyediakan hidangan bogalaut seperti ikan, kepiting, cumi, kerang, dan lainnya.

Silakan baca: Pantai Wediombo DIY, Pasir Luas dan Kolam Alami Unik

Lokasinya yang strategis dekat dengan pusat kota dan mudah diakses kendaraan, menjadikan pantai tersebut tempat yang paling banyak dikunjungi warga Pangkalpinang dan sekitarnya. Banyak pula yang datang hanya untuk sekadar mencicipi kuliner laut yang dijajakan restoran-restoran di sana.*