Pesona Keindahan Pantai Pasir Marus Nan Elok

Pantai Pasir Marus
Lanskap alam Pantai Pasir Marus yang elok.

 

BandungKlik – Pulau Natuna di Kepulauan Riau (Kepri) memiliki ragam destinasi wisata pantai yang indah. Salah satunya Pantai Pasir Marus dengan lanskap alam nan elok dihiasi hamparan pasir putih.

Pantai Pasir Marus ini terletak di Kecamatan Bunguran Barat. Tepatnya di Pulau Sedanau dan populer di kalangan masyarakat sebagai obyek wisata utama di Pulau Sedanau. Penduduk di Pulau Sedanau tersebut terbilang padat.

Wisatawan bisa menghabiskan waktu di Pantai Pasir Marus untuk menikmati lanskap pantai yang tidak terlalu panjang namun sangat elok. Garis pantainya sepanjang 500 meter dihiasi pasir putih yang bersih.

Air pantainya pun cukup jernih dengan udara pantai yang segar. Sehingga membuat wisatawan betah berlama-lama di destinasi tersebut. Selain itu,  pantainya yang landai dan tidak terlalu dalam dengan ombak yang cukup tenang, cukup aman untuk anak-anak maupun orang dewasa yang ingin berenang atau mandi di laut.

Tak hanya alamnya yang indah, Pantai Pasir Marus juga lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Sedanau, cuma 10 menit saja perjalanan sudah bisa sampai di pantai tersebut. Ditambah lagi dengan kultur warga Sedanau yang ramah, serta di sepanjang perjalanan akan dimanjakan dengan pepohonan rindang tumbuh di pingir jalan.

Silakan baca: Catat! Ini Kalender Event Pariwisata Natuna 2021

Para pengunjung juga bisa menikmati keindahan pemandangan Laut Cina Selatan yang maha luas yang terkadang berombak tinggi dan menggulung di kejauhan.

Untuk menuju ke pantai tersebut, dari Natuna Besar wisatawan menyeberang ke Sedanau dengan menumpang kapal feri dari Pelabuhan Binjai. Pelabuhan ini ditempuh sekitar 45 menit berkendara dari Ranai, Ibukota Kabupaten Natuna. Wisatawan bisa menumpang angkutan khusus menuju Pelabuhan Binjai dengan ongkos Rp 25.000.

Sementara tarif penyeberangan feri ke Sedanau senilai Rp 36.000 per orang. Kapal feri yang ada di Pelabuhan Binjai berupa speed boat berkapasitas sekitar 40 penumpang. Perlu diingat, penyeberangan feri ke dan dari Sedanau hanya dua kali dalam sehari, yakni pagi dan siang hari. Perjalanan laut ke Pulau Sedanau menghabiskan waktu sekitar 40 menit.

Di tengah perjalanan menuju Sedanau, akan disuguhi pemandangan hutan bakau atau mangrove di sepanjang Pantai Binjai. Masuk laut lepas, berubah dengan sajian pemandangan laut dengan latar belakang pulau-pulau yang ada di sekitar Natuna Besar. Jadi tak akan dibuat bosan selama perjalanan laut tersebut.

Silakan baca: Menikmati Lanskap Keindahan Alam Pantai Tikus

Setelah tiba di Pelabuhan Sedanau, wisatawan tinggal berjalan kaki selama 10 menit untuk sampai di Pantai Pasir Marus.*

 

Sumber & Foto: Disparbud Kab. Natuna