Pesona Keindahan Gua Batu Kapal Solok Selatan

Gua Batu Kapal
Gua Batu Kapal Solok Selatan, Sumbar. (dok. sumbar.travel)

 

BandungKlik – Gua Batu Kapal (GBK) menjadi salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Tepatnya berada di Kecamatan Sangir Balai Jinggo. Pesona keindahan alami gua ini membuat banyak pengunjung takjub.

Nama Gua Batu Kapal berasal dari sebutan masyarakat setempat. Mereka melihat bentuk gua sangat mirip dengan sebuah kapal. Hal itu pun ditandai dengan adanya empat lorong batu kapur yang dikisahkan seumpama empat ruang kabin pada sebuah kapal.

GBK menyuguhkan keindahan berupa fenomena geologi alami yang mempesona. Sinar matahari akan masuk ke dalam gua melalui celah lubang-lubang di atas dan menciptakan keindahan warna-warni pada dinding bebatuan.

Fenomena itulah yang menjadi salah satu daya tarik GBK hingga membuat orang penasaran. Akhirnya GBK ramai dikunjungi masyarakat setempat maupun pengunjung dari daerah lain. Bahkan menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten Solok Selatan, selain Kawasan Seribu Rumah Gadang.

Silakan baca: Menyusuri Keindahan Gua Batu Cermin di Labuan Bajo

Pengunjung yang ingin masuk ke dalam gua, harus didampingi pemandu lokal di sana. Karena di dalam GBK terdapat banyak lorong, hanya pemandu lokal yang mengerti jalur aman untuk dilalui.

Jalur yang dilalui di dalam GBK cukup beragam. Ada jalur menurun atau naik yang dapat membuat orang tersesat, jadi pengunjung harus berhati-hati dan selalu ikuti arahan dari pemandu lokal. Bersiap pula untuk melintasi jalanan basah, berbatu, sungai dangkal, dan sesekali tercium bau kotoran kelalawar.

Nah jika ingin menikmati keindahan fenomena alami seperti yang disebutkan di atas, disarankan untuk datang ke Gua Batu Kapal sekitar pukul 10 pagi. Sebab pada jam segitu, posisi sinar matahari pas masuk ke dalam celah-celah gua.*

 

 

Sumber: @sumbar.travel