BandungKlik – Batu Belimbing merupakan destinasi wisata alam di Pulau Bangka. Tepatnya di Desa Tanjung Ketapang, Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Lokasinya mudah dijangkau, hanya berjarak kurang lebih 1,5 km dengan waktu tempuh sekitar 10 menit dari pusat kota Toboali.

Destinasi Batu Belimbing menyimpan fenomena bentukan karya alam. Berupa jajaran batu granit berukuran besar berdiri kokoh di sebuah hamparan tanah tak jauh dari bibir Pantai Kelisut.

Penamaan Batu Belimbing karena bentuknya menyerupai buah belimbing. Tampak irisan batu yang terbentuk secara alami, persis seperti guratan buah belimbing.

Irisan batu tersebut terbentuk akibat adanya pengikisan dari air hujan yang terjadi selama ratusan tahun. Hingga akhirnya membentuk pola lubang yang unik mirip pola buah belimbing.

Keindahan dari fenomena karya alam ini, konon hanya terdapat di Toboali, Bangka Selatan; di Pantai Romodong Belinyu, Bangka; Pantai Anambas Riau; Ayer Rock Australia; kemudian di Sin Zhuan Tiongkok.

Silakan baca: Martabak Bangka, Kelezatannya Melegenda

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana, bisa kapan pun tanpa ada ketentuan waktu. Karena geowisata ini, tidak memiliki jam buka seperti objek wisata pada umumnya. Juga tanpa dipungut biaya masuk, cukup membayar parkir bagi yang membawa kendaraan.

Rekomendasi waktu yang pas untuk berkunjung ke Batu Belimbing, Bangka ini, yaitu pagi hari saat cuaca cerah. Dan sore hari saat matahari terbenam sekalian menikmati keindahan sunset di sana. Jangan lupa abadikan momen dengan mengambil foto berlatar Batu Belimbing.*