Pesona Eksotis Curug Batu Templek

curug batu templek
Curug Batu Templek Cisanggarung. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Cari destinasi wisata air terjun dekat pusat Kota Bandung? Curug Batu Templek Cisanggarung rekomendasi untuk Anda. Air terjun yang populer akan tebing batunya ini menyajikan pemandangan yang eksotis dan mengagumkan.

Mengapa dinamakan Curug Batu Templek?

Bicara batu templek yakni batuan yang menyerupai lempengan pipih dari kawasan ini rupanya ada hubungan dekat dengan Gedung Sate. Batu templek yang berasal dari Perbukitan Arcamanik, termasuk di dalamnya kawasan Cisanggarung, digunakan sebagai material bangunan Gedung Sate.

Dulu, bongkahan besar batu-batu tersebut diolah para tukang batu setempat dan tukang batu keturunan Tionghoa menjadi lempengan tipis rata. Selain untuk material lantai dan dinding juga digunakan untuk sejumlah ornamen gedung bernama awal Gouvernement Berdrijven tersebut.

Penambangan batu terus berlanjut dan batu templek masih diolah di sana hingga sekarang. Meskipun dalam jumlah terbatas baik untuk kebutuhan material rumah maupun taman. Namun, di kawasan Cisanggarung yang kini menjadi objek wisata Curug Batu Templek tak ada lagi aktivitas penambangan.

Proses Alam

Curug Batu Templek di Kampung Cisanggarung Lebak Desa Cikadut Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung sebetulnya berupa bebatuan tebing yang terbentuk karena proses alam. Memasuki area parkir objek wisata ini, tebing batu kecokelatan menyambut dengan pesona alaminya. Gradasi warna gelap tebing yang dialiri air menambah eksotis air terjun setinggi sekira 20 meter.

Memang, tak terlalu tinggi dan lebar. Akan tetapi, keunikan air terjun berlatar tebing batu ini memberi keunikan tersendiri. Lukisan alam yang memahat tebing demikian indah dipandang dan memanjakan mata.

Dari atas tebing, aliran air terbagi dua dan kembali menyatu di bagian bawah dan tertampung di sebuah kolam dangkal yang mengalir. Kolam ini bisa digunakan untuk bermain bahkan berperahu. Bila memungkinkan kita juga bisa berbasah-basahan di bawah percikan curug ini.

Sebaliknya, saat musim hujan tiba debit air melimpah dan membuat Curug Batu Templek semakin eksotis. Dari atas curug, tepatnya di pintu air Kali Cisanggarung, tampak pesona Gunung Manglayang menjulang di sebelah timur.

Lantas, apa saja yang dapat dinikmati di lokasi ini?

Selain menikmati pesona air terjun, di kawasan Curug Batu Templek kita juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang memacu adrenalin. Sebut saja spot panjat tebing di samping air terjun.

Yang tak kalah seru adalah wahana jembatan gantung sepanjang kurang lebih 50 meter membentang dari tebing air terjun ke tebing batu di sebelah timur. Untuk menjajal kedua aktivitas ini, pengunjung akan didampingi pemandu dan harus menggunakan perlengkapan standar keselamatan yang disediakan dan disewakan oleh pengelola.

Udara sejuk dataran tinggi Bandung makin menambah betah kala menikmati suasana Curug Batu Templek. Pihak pengelola menyediakan tempat duduk di bawah pohon untuk bersantai, kedai kopi atau wahana berfoto ala zaman batu di sisi bawah curug.

Tiket Murah

Cukup terjangkau tiket masuk objek wisata ini. Setiap pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 5 ribu per orang pada hari biasa dan Rp 10 ribu saat hari libur.

Untuk sampai di Curug Batu Templek juga relatif mudah tetapi disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Bandung perjalanan dapat ditempuh selama kurang lebih 40 menit. Namun, jika dari Terminal Cicaheum hanya berjarak sekira 7,5 KM dan membutuhkan waktu 25 menit.

Sebagai panduan, dari terminal tersebut perjalanan menuju timur menyusuri Jalan AH Nasution hingga melewati Lapas Sukamiskin lalu belok kiri masuk Jalan Pasir Impun. Dari pertigaan ini kita melewati jalur menanjak sehingga kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi prima.

Permukiman, view cekungan Bandung, lapak pengolah dan pemecah batu, pohon-pohon bambu hingga Gunung Manglayang akan terlihat selama perjalanan di jalur ini. Begitu sampai di pertigaan ke dua, ambil arah kanan sekira 1 KM hingga sampai di Curug Batu Templek. *

Silakan baca: 

Curug Cinulang, Keindahan Dua Air Terjun Kembar

Curug Ciherang Bogor, Berair Bening dan Menyegarkan