BandungKlik – Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, baru-baru ini namanya meroket. Hal tersebut lantaran keikutsertaannya dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang digelar Kemenparekraf.

Dalam partisipasinya, desa wisata di Kecamatan Parigi tersebut masuk 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021. Dari Jawa Barat, desa ini merupakan satu dari lima yang masuk 50 desa wisata terbaik.

Tak sampai di situ, nama Desa Wisata Selasari Pangandaran juga disebut oleh akun Instagram @kemenparekraf.ri. Dalam unggahannya, bahkan direkomendasikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno sebagai satu dari lima desa wisata yang patut dikunjungi.

Lantas, apa saja pesona desa wisata berbasis alam dan budaya ini?

Pepedan Hills

Ini adalah wisata alam kekinian. Di Pepedan Hills, wisatawan bisa menikmati panorama perbukitan sekitar dari ketinggian sembari berfoto. Hamparan hijau bakal memanjakan diri sejauh mata memandang.

River tubing

Selain perbukitan, desa wisata ini menyajikan spot petualangan yang menyenangkan. Ada dua fasilitas yang ditawarkan, yaitu body rafting dan river tubing di Sungai Santirah. Sepanjang kegiatan  wisatawan bakal disuguhkan lima air terjun menawan dan empat goa alam. Goa tersebut antara lain Goa Sutra Reregan dan Goa Lanang.

Silakan baca: Rafting dan Tubing di Sungai, Ini Bedanya

Seni lebon dan ronggeng gunung

Di Desa Wisata Selasari terdapat dua atraksi kesenian khas, yaitu seni lebon dan ronggeng gunung. Seni lebon merupakan salah satu tradisi adat pertarungan jawara antarkampung sebagai media untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Lain halnya dengan ronggeng gunung yang merupakan seni tari yang diiringi dengan musik gamelan. Dalam seni ini ada sinden yang khusus menyanyikan berbagai tembang atau kawih saat mengiringi sang penari.

Seni lebon.

Produk UMKM

Di luar potensi alam dan budayanya yang memukau, Desa Wisata Selasari juga punya beragam produk UMKM yang berkualitas dan unggul. Produk tersebut antara lain kerajinan rajut yang bermutu baik dan warna yang menarik.

Dari sisi kuliner, jika berkunjung ke sana wisatawan dapat menemukan kopi robusta dan crispy pakis serta madu asli hasil produksi desa ini.

Nah, itulah sekilas pesona wisata dan budaya di Desa Wisata Selasari. Ini bisa menjadi alternatif wisatawan yang ingin bertamasya selain pantai sebagai favorit di Kabupaten Pangandaran. *

 

Silakan baca: Lima Desa Wisata di Jabar Raih ADWI 2021