Pesona Danau Toba, Destinasi Super Prioritas yang Menakjubkan

kuliner Khas Danau Toba
Danau Toba. (dok. maritim.go.id).*

 

BandungKlik – Pesona Danau Toba di Sumatera Utara benar-benar menakjubkan. Tak salah jika kawasan ini menjadi salah satu dari lima destinasi superprioritas (DSP) yang sedang dikembangkan pemerintah.

Lantas, apa yang menjadi daya pikat danau ini?

Danau Toba adalah sebuah keajaiban alam yang bikin orang takjub. Diperkirakan, danau ini terbentuk dari letusan supervolkano Gunung Toba yang terjadi sekira 74 ribu tahun yang lalu. Letusan dahsyat tersebut membentuk kawah dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi, hampir tujuh kali lipat luas Kota Bandung.

Dengan kedalaman 450 meter, danau ini termasuk jajaran danau terdalam di dunia. Sedangkan dari sisi luas termasuk yang terbesar di Asia Tenggara. Jadi, Danau Toba sebetulnya lebih mirip lautan ketimbang danau. Yang bikin destinasi ini makin menakjubkan adalah adanya Pulau Samosir di tengahnya yang luasnya hampir sama dengan negara Singapura.

Silakan baca:

Via Tol Tebing Tinggi, Kualanamu – Danau Toba Hanya 2 Jam

Tak syak lagi, danau ini menjadi destinasi yang sempurna untuk bersantai melepas penat. Udara yang sejuk dan indahnya perairan menyajikan suasana yang damai sebab danau berada 900 meter di atas permukaan laut. Panorama deretan pergunungan dan pepohonan hijau di sana demikian menyegarkan mata sejauh memandang.

Namun, opsi yang lebih eksotis bakal hadir manakala menikmati suasana sembari berkeliling danau dengan menyewa perahu. Tentu, di sana tak hanya berlayar di permukaan air yang jernih membiru. Jika berkunjung sore dapat sekaligus memandang matahari terbenam yang bakal menambah pengalaman berwisata yang berbeda tetapi penuh kesan.

Masih banyak pesona yang bisa dinikmati di kawasan destinasi superprioritas ini. Sebut saja antara lain kuliner dan budaya masyarakat adat setempat.

Jika hendak bermalam tak perlu khawatir. Di sekitar Danau Toba tersedia banyak penginapan dengan tarif bervariasi mulai dari hotel, homestay, bungalo hingga vila yang nyaman dan bersih. *

Sumber:

maritim.go.id

indonesia.travel