BandungKlik – Buat wisatawan yang sedang atau berencana wisata ke Kabupaten Subang, bisa coba mengunjungi objek wisata air terjun yang indah dan memukau begitu melihatnya. Namanya Curug Cibareubeuy yang terletak tak jauh dari kawasan wisata Sari Ater yang sudah tenar.

Objek air terjun ini terletak di dataran tinggi sekitar 1500 mdpl, sehingga udara sekitarnya cukup dingin dan menyegarkan. Kawasan wana wisata ini juga memiliki kekayaan flora dan fauna, serta keindahan panorama alam yang berupa hutan sekunder dengan dominasi tegakan pinus (pinus markusii).

Curug Cibareubeuy di Subang ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Kalau wisatawan melihatnya dengan teliti, keindahan curug ini tampak dari bentuknya yang ramping dengan kelokan di setiap bagiannya. Sehingga jika melihatnya dari kejauhan akan tampak seperti berbentuk zigzag.

Di tempat wisata alam ini, wisatawan tak hanya bisa memandangi keindahan air terjunnya. Namun juga bisa menikmati kesegaran airnya. Kalian bisa melakukan aktivitas bermain air atau berendam di kolam kecil yang menampung cucuran air dari curug tersebut.

Silakan baca: Lima Air Terjun Eksotis di Subang, Ada yang 100 Meter

Tak hanya ada sajian pesona keindahan air terjun, di tempat wisata Curug Cibareubeuy ini pun terdapat pula daya tarik lain di sekitarnya. Di situ, wisatawan bisa melihat situs purbakala yang berjumlah 4 buah, kemudian ada pula areal Bumi Perkembangan dan hutan pinus.

Wisatawan juga bisa menemukan para pengrajin gula aren yang berada di sekitar objek wisata tersebut. Enaknya, kalian bisa langsung mencicipi langsung manisnya gula aren atau membelinya sebagai oleh-oleh.

Lokasi & Rute Menuju Curug Cibareubeuy

Objek wisata air terjun (curug) ini berlokasi di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Secara wilayah pengelolaan hutan, destinasi wisata alam tersebut termasuk pada petak 4 RPH Gn. Karamat BKPH Cisalak KPH Bandung Utara, Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten.

Untuk menuju destinasi Curug Cibareubeuy, wisatawan bisa mengarahkan perjalanan ke lokasi wisata Sari Ater yang berada di kawasan Ciater, Subang. Sebab area air terjun ini berada satu jalan dengan destinasi wisata terkenal itu.

Silakan baca: Sensasi Terbang dengan Paralayang di Bukit Santiong

Lalu dari gerbang kawasan wisata Sari Ater, wisatawan sudah bisa sampai ke tempat parkir objek wisata Subang yang satu ini. Jaraknya hanya sekitar 3 sampai 4 kilometer saja.*