Pesona Cinta Legenda di Situ Patengan

situ patengan
Panorama Situ Patengan. (Dok. bandungkab.go.id).*

 

BandungKlik – Bandung selatan menyimpan sejumlah objek wisata alam yang indah dan mengagumkan, salah satunya Situ Patengan. Ya, telaga yang begitu cantik dan memesona.

Limapuluh kilometer dari Alun-alun Kota Bandung, Situ Patenggang—sebagian orang menyebutnya Situ Patengan, menyimpan panorama memukau sekaligus legenda dua insan. Siapa lagi kalau bukan Ki Santang dan Dewi Rengganis. Sejoli yang saling mencintai tetapi terpisah jarak dan waktu.

Berada di dalam kawasan cagar alam seluas 123.077,15 hektare, Situ Patenggang membentang 45 ribu hektare di ketinggian sekira 1.600 mdpl. Tepatnya, di kaki Gunung Patuha.

Ada bentang alam yang dinamai Batu Cinta dan Pulau Asmara di kawasan ini, mirip tanda “love”. Keduanya dikaitkan dengan kisah dramatis pertemuan Ki Santang dan Dewi Rengganis. Konon, nama telaga ini diambil dari kata patéangan-téangan dalam Bahasa Sunda yang berarti saling mencari.

Silakan baca:

Situ Cileunca, Panorama Romantis yang Memanjakan Mata

Eksotis di tengah pergunungan yang asri membuat suasana sekitar telaga ini sejuk bahkan cenderung dingin. Jika hujan turun lebat, biasanya permukaan pulau tertutup kabut.

Berkeliling situ dengan perahu adalah atraksi andalan objek wisata Situ Patenggang. Dengan menyewa perahu ini, pengunjung akan diantar ke Batu Cinta di tengah telaga di Pulau Asmara. Jika ingin bermalam, glamorous camping (glamping) bisa jadi opsi yaitu berkemah eksklusif di tepi danau. Spot menarik lainnya yang menjadi daya pikat Patengan adalah kapal pinisi yang Instagramable.

Sejauh mata memandang, Situ Patengan dikelilingi gunung yang menjulang. Begitu eksotis, menyejukkan, dan airnya begitu tenang. Meski siang hari terkadang kabut turun menyelimuti kawasan telaga.

Dari Kota Bandung ke Situ Patenggang dapat ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Beberapa kilometer sebelum tiba di lokasi, panorama hijau akan menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Hamparan perkebunan teh dengan daunnya yang hijau dan rapat nampak begitu dominan. *

Lokasi :

Desa Paténgan

Kecamatan Ranca Bali

Kabupaten Bandung