BandungKlik – Saat ini banyak penyelenggara balap dunia yang berminat menggelar balapan di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno di sela ajang MotoGP Mandalika 2022. “Saat saya hendak menyerahkan pemenang Moto2, saya duduk dengan salah seorang petinggi FIM,” ujar Sandiaga, dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Rabu (23/3/2022).

Salah seorang petinggi FIM—Federation Internationale de Motocyclisme menyatakan, ada beberapa balapan tingkat internasional yang sudah menaruh perhatian kepada Mandalika.

Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 yang baru saja berlangsung benar-benar menarik perhatian dunia internasional. MotoGP Indonesia ini tepatnya diselenggarakan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Indonesia dinilai berhasil menggelar ajang balapan kelas dunia MotoGP. Terlebih, sirkuit yang menjadi venue seri kedua MotoGP berada di salah satu destinasi superprioritas Indonesia dengan panorama tercantik di dunia.

Sirkuit Mandalika itu ditetapkan FIM—Federasi Olahraga Sepeda Motor Dunia, dalam klasifikasi grade A berdasarkan hasil homologasi sebelum GP Indonesia berlangsung.

Nation branding

Lebih jauh, Sandiaga mengatakan, ada juga beberapa komunitas otomotif yang ingin menggagas test drive di sirkuit balap Mandalika. Tentunya, agenda semacam itu mesti disertai dengan standar keamanan yang tinggi dan hal tersebut lumrah dilakukan pengelola sirkuit di dunia.

Menurut Sandiaga, hal ini positif khususnya bagi pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Kata dia, MotoGP Indonesia 2022 menjadi nation branding kuat yang bakal memberikan dampak terhadap kebangkitan ekonomi nasional.

“Tapi, tentu kita harus review dulu hasil dari MotoGP ini. Perbaikan apa yang harus kita lakukan,” ujar Sandiaga.

Untuk keberlanjutan sirkuit baru ini, Kemenparekraf berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menyiapkan event-event mendatang. Tidak hanya motor sport, seperti mobil maupun motor, tetapi juga ada sepeda dan lari.

“Jadi, kuncinya dari keberlanjutan pengelolaan (sirkuit) Mandalika adalah pengelolaan event yang terus berlangsung dan berkelanjutan,” ujar Sandiaga. *

Silakan baca: 

Catat! Agenda MotoGP 2022, dari Qatar hingga Spanyol

Selain Marc Marquez, Inilah Pembalap MotoGP 2022