Pengunjung Membeludak, Objek Wisata Pantai Garut Ditutup

wisata pantai garut
Sejumlah wisatawan mengunjungi objek wisata pantai di Kabupaten Garut, Sabtu (15/5/2021). (Antara/HO Warga).*

 

BandungKlik – Objek wisata pantai di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat ditutup sementara bagi wisatawan. Hal ini tak lepas dari membeludaknya pengunjung yang berlibur di pantai pascalebaran 2021.

Tak hanya melebihi kapasitas, penutupan dilakukan lantaran terjadi kerumunan di lokasi wisata dan menyebabkan kemacetan arus kendaraan.

“Kemarin (Sabtu, 15 Mei 2021) pengunjung sangat banyak dan kami memutuskan untuk melakukan penutupan sementara. Malam juga kami melakukan penutupan, Minggu sekarang juga,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan, Minggu (16/5/2021).

Dikutip dari Antara, Budi menuturkan petugas gabungan akan melakukan penjagaan di kawasan wisata pantai di Zwitsers van Java. Para petugas mengatur tingkat kunjungan wisatawan agar tidak terjadi kerumunan atau melanggar protokol kesehatan.

Menurutnya, destinasi wisata pantai Garut selatan bakal beroleh perhatian serius dari petugas. Apabila kunjungan wisatawan banyak dan tidak terkendali, maka semua tempat wisata akan ditutup.

“Kami juga akan terus melakukan tutup buka di lokasi destinasi. Semua (objek wisata akan ditutup) apabila dipandang perlu, sudah over capacity,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Adi Benny Cahyono mengatakan, jajarannya sudah diterjunkan untuk melakukan pengamanan dan penertiban. Khususnya di destinasi wisata pantai di Garut.

Membeludaknya pengunjung di lokasi wisata pantai mengharuskan pihak kepolisian menutupnya sementara. Terjadinya kerumunan, kata dia, dikhawatirkan berpotensi terjadi penularan pandemi Covid-19.

Pihaknya menyampaikan bahwa petugas gabungan dikerahkan dan berupaya mencegah kerumunan bahkan sebelum wisatawan tiba di lokasi wisata. Petugas akan memutarbalikkan semua kendaraan pelancong yang hendak menuju objek wisata pantai.

“Tadi malam jam 19.00 ditutup karena khawatir kejadian seperti di India. Kendaraan yang mengarah tempat wisata di Garut selatan diputar balik,” ujarnya. *

Silakan baca: Lais, Seni Akrobatik Tradisional Asal Garut

Silakan baca: Seni Ketangkasan Domba Garut, Benar-benar Adu Domba