BandungKlik – Bagi para pecinta kegiatan pendakian gunung, kalian mesti coba menikmati keindahan Bukit Watu Jengger. Lokasinya berada di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Objek wisata pendakian gunung yang satu ini, sangat cocok untuk para pendaki pemula karena track-nya yang relatif mudah untuk dijangkau. Di kawasan ini pun, pengunjung dapat menikmati keindahan hamparan gugusan Gunung Anjasmoro.

Jika memerhatikannya secara teliti, pemandangan di Bukit Watu Jengger akan tampak menyerupai view Gunung Piramid di Bondowoso. Ketinggian wilayahnya mencapai 1100 mdpl, sehingga menyajikan panorama punggung bukit dan setapak jalur pendakian yang khas. Serta curamnya tebing di sisi kanan dan kiri.

Di destinasi wisata alam ini, kalian bisa mendirikan tenda untuk bermalam. Ketika menjelang sore hari, jangan lupa untuk menyaksikan keindahan momen sunset. Kemudian di kala pagi hari, keindahan sang mentari terbit pun tak boleh dilewatkan.

Silakan baca: Mengenal Candi Tikus di Trowulan Kabupaten Mojokerto

Saat berada di Bukit Watu Jengger, sangat asyik untuk berburu foto-foto eksotik. Para pehobi fotografi bernuansa alam atau yang suka berswafoto pasti terpuaskan di sini.

Pendakian ke Watu Jengger

Kegiatan mendaki ke bukit di Mojokerto tersebut, kalian akan menempuh dengan perjalanan yang tidak terlalu lama. Untuk pemula biasanya menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam. Sementara bagi yang sudah terbiasa mendaki gunung hanya butuh waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Meski begitu, dalam pendakian ke Bukit Watu Jengger tetap banyak hal yang harus diperhatikan. Pertama, tentunya kalian harus sangat hati-hati karena jalannya cukup licin dan menanjak. Terlebih di musim hujan, harus menjaga keseimbangan agar tidak terpeleset dan jatuh.

Sepanjang pendakian, kalian akan melewati beberapa bukit sebelum tiba di puncak. Sehingga stamina akan cukup terkuras. Karena itu, perlu menjaga atau menyiapkan kondisi dan kesehatan fisik sebelum melakukannya.

Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Bukit Watu Jengger berlokasi di Hutan Jatirejo, Dusun Nawangan, Desa Tawangrejo, Kecamatan Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Jika berangkat dari arah Kecamatan Trowulan atau Candi Tikus, bisa mengikuti rute menuju ke Jatirejo, Wonosalam. Lalu, setelah bertemu persimpangan di Desa Lebak, kalian cukup ikuti saja jalan hingga ke ujung Desa Nawangan.

Silakan baca: Mengenal Seni Bantengan Asli Mojokerto yang Unik dan Seru

Sementara untuk harga tiket masuk objek wisata alam ini masih terjangkau. Hanya sekitar Rp10.000 per orang dan Rp.5.000 untuk parkir kendaraan. Namun harga ini sewaktu-waktu bisa berubah. Tempat ini sendiri dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.*