Pemkot Siap Wujudkan Work from Yogyakarta

work from yogyakarta
Tugu Jogja, salah satu ikon Kota Yogyakarta. (pariwisata.jogjakota.go.id).*

 

BandungKlik – Pemerintah Kota Yogyakarta siap mewujudkan program Work from Yogyakarta. Sarana dan prasarana terus dimatangkan guna memastikan kesiapannya.

“Saya kira sarana dan prasarana terkait kebutuhan Work from Yogyakarta sudah siap,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Senin (7/6/2021), dikutip dari Antara.

Menurut Heroe, kesiapan tersebut antara lain meliputi jaringan dan kecepatan internet yang dapat diandalkan. Begitu pula dengan ketersediaan tempat kerja yang nyaman.

Yogyakarta, kata dia, sudah punya banyak co-working space dengan fasilitas yang cukup memadai. Tak hanya tempat yang dikelola pemerintah tetapi juga pihak swasta. “Semuanya siap untuk dimanfaatkan mendukung kerja jarak jauh ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Heroe mengatakan, jika program Work from Yogyakarta digulirkan akan menjadi bagian dari strategi pemulihan ekonomi “Jogja untuk Semua”. Ini selama setahun terakhir menggerakkan “Jogja untuk Jogja”.

Kota Yogyakarta membuka diri untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selama setahun terakhir, pemerintah daerah lebih fokus pada upaya untuk menggerakkan perekonomian. Langkahnya dengan mengandalkan kekuatan masyarakat secara mandiri karena pariwisata dan pendidikan belum berjalan optimal.

Silakan baca: 4 Hotel di Yogyakarta Tampil Unik dan Menarik

Heroe memastikan, para pekerja bisa menjalani rutininas dengan baik dalam Work from Yogyakarta. Selain itu, mereka bekerja maksimal sekaligus menikmati suasana dan beragam objek wisata di Kota Gudeg.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan siap jika kementerian menerapkan Work from Yogyakarta. Program serupa yakni Work from Bali akan diluncurkan pada triwulan ketiga atau Juli 2021.

“Tentunya kami menyambut baik program itu jika memang benar akan dilakukan di Yogyakarta. Karena dalam kondisi seperti sekarang ini yang kami lakukan adalah memastikan layanan pariwisata yang prima,” kata Wahyu.

Bilamana program Work from Yogyakarta diluncurkan, kata Wahyu, diharapkan kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exibition) akan kembali menggeliat. *

Silakan baca: Mangut Lele, Masakan Kaya Rempah Khas Yogyakarta