BandungKlik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan logo resmi Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-211. Logo tersebut terpilih melalui sayembara yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Tampilan logo berupa grafis menyerupai api dan didampingi dua garis sejajar membentuk angka 211 yang merupakan usia Kota Bandung saat menginjak 25 September 2021 nanti. Di bawah logo dilengkapi dengan tagline ‘Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi’.

“Bentuk keseluruhan logo seperti api menyala dan beberapa bagian yang terjalin mencerminkan kebersamaan, harmoni atau sinergi bagi kehidupan,” ujar Wali Kota Bandung Oded M. Danial, saat launching logo HJKB ke-211 secara virtual, Selasa, 17 Agustus 2021, melalui siaran pers Pemkot Bandung.

Oded menyampaikan, tagline “Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi” adalah pesan yang menegaskan kondisi Kota Bandung terkini. Yaitu menjelang hari jadi ke-211 menjadi momentum kebangkitan setelah terdampak terpaan pandemi Covid-19.

“Saya meyakini warga Kota Bandung memiliki karakteristik sangat guyub, penuh kebersamaan, inovasi dan kolaborasi sangat luar biasa. Oleh karena itu, di Hari Jadi ini menguatkan keguyuban untuk membangun di Kota Bandung,” papar Oded.

Silakan baca: Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Destinasi Wisata Lengkap di Bandung

“Sangat luar biasa ini gagasan dan pemikiran tagline ini menjadi sikap masyarakat dalam menghadapi setiap tantangan. Saya yakin kekompakan dan harmonisasi menjadi kata kunci dalam menghadapi rintangan di Kota Bandung,” lanjutnya.

Tema Logo

Selanjutnya, Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi ‘Keny’ Kaniasari menjelaskan, logo tersebut merupakan karya Tito Supriyatno. Ia berhasil menyisihkan 400-an lebih karya yang masuk sejak pertengahan Juli 2021.

Adapun proses seleksi dilaksanakan secara ketat oleh tiga orang juri, diantaranya Andar Manik, Rudi Farid Sagir, dan Ignasius Galih Sedayu.

“Tema yang diusung adalah peringatan Hari Jadi sebagai sarana membangun kebersamaan dan kekompakan warga Kota Bandung dalam menghadapi Covid-19,” ujar Kenny.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan berharap hadirnya logo peringatan HJKB 211 mampu membawa semangat untuk membangun kembali sendi-sendi kehidupan setelah terdampak pandemi Covid-19. Baik itu sektor kesehatan, sosial, dan paling utama di bidang ekonomi.

“Mudah mudahan launching logo ini sekaligus menjadi langkah awal kita bangkit dari pandemi. Kota Bandung sebagai ibu kota provinsi harus jadi lokomotif kebangkitan Indonesia,” tutur Tedy.

Ia menambahkan, selebihnya segala filosofis yang terkandung dalam logo HJKB ke-211 ini tak hanya menjadi narasi pelengkap. Namun bisa dimaknai dan diimplementasikan sera optimal bagi masyarakat Kota Bandung.

Silakan baca: Taman Tematik Balai Kota Bandung Pas Untuk Rekreasi Keluarga

“Mudah-mudahan dengan temanya ini betul-betul menghadirkan inspirasi bagi kita semua untuk bersama-sama menghadapi pandemi covid 19,” pungkasnya.*