Pemkot Bandung Gelar Tes Cepat Antigen di Destinasi Pariwisata

antigen
Tes cepat (rapid test) Covid-19. (Dok. Humas Kota Bandung).*

 

BandungKlik – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas Kesehatan kembali menggelar tes cepat antigen Covid-19 di destinasi pariwisata. Kali ini tes cepat digelar di Saung Angklung Udjo di Jalan Padasuka Kota Bandung, Senin (4/1/2021).

Tak hanya bagi pengunjung, tes cepat antigen juga diperuntukkan bagi pegawai Saung Angklung Udjo. Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandung melakukan tes serupa di Terminal Leuwipanjang, hotel dan restoran.

“Kita kebetulan mendapat 1.300 alat sampelnya. Alhamdulillah, sudah sebagian besar dilaksanakan di hotel dan kebun binatang. Sekarang di Saung Angklung Udjo. Besok rencananya di Mal Paskal,” kata Kepala Seksi Destinasi Pariwisata Disbudpar Kota Bandung Faisal Tachir, dikutip dari laman humas.bandung.go.id.

Kata dia, 1.300 alat tes cepat antigen merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tujuannya, untuk mengantisipasi kegiatan tahun baru dan libur nasional. Pihaknya berharap, alat tes yang disiapkan tersebut bisa terpenuhi hingga 8 Januari 2021.

“Mudah-mudahan bisa terpenuhi. Orang-orang yang dites itu pengunjung di masing-masing lokasi wisata, baik destinasi, hotel maupun restoran,” ujarnya. “Untuk restoran, kami sudah laksanakan di Braga Permai,” ujarnya mengimbuhkan.

Disebutkannya, target tes cepat antigen di Saung Angklung Udjo sebanyak 75 orang. Mengingat, alat tes mesti dibagi di berbagai lokasi wisata termasuk industri pariwisata dan mal.

Sementara itu, Staf Operasional Saung Angklung Udjo Maulana menyambut baik adanya tes yang diadakan pemerintah tersebut.

“Kami menyambut baik agar kami lebih ‘pede’ (percaya diri) dalam melayani tamu dan pengunjung Saung Angklung Udjo. Karena, ketika tempat kami bisa dikatakan bebas Covid-19 kepercayaan pengunjung pun akan lebih tinggi,” tuturnya.

Selama ini, kata Maulana, pihaknya juga sudah menerapkan protokol kesehatan secara maksimal seturut panduan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Terlebih, Saung Angklung Udjo sudah memperoleh Sertifikat CHSE (Clean, Health, Safety & Environment). *

Silakan baca:

Daftar Restoran di Bandung yang Lolos Uji Sertifikasi CHSE