Pemerintah Dorong Infrastruktur KEK Tanjung Kelayang

kek tanjung kelayang
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang di Pulau Belitung. (dok. kemenparekraf.go.id).*

 

BandungKlik – Pemerintah melalui Kemenparekraf akan mendorong rencana pengembangan infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang di Pulau Belitung Provinsi Bangka Belitung.

“Belitung sudah menjadi ikon pariwisata yang sangat strategis. Untuk itu, saya mendorong terus pengembangan KEK Tanjung Kelayang di Belitung secara menyeluruh,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, Sabtu (6/2/2021).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperbaiki destinasi, produk wisata, dan produk ekonomi kreatif lainnya.

Adapun pengembangan KEK Tanjung Kelayang bertujuan untuk mempercepat perkembangan daerah sebagai model inovasi pengembangan kawasan untuk pertumbuhan ekonomi. Yaitu, dalam sektor industri, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Kelak pengembangan kawasan ini dapat menciptakan daya tarik wisata dan lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.

Tanjung Kelayang di Pulau Belitung diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Maret 2019. KEK ini termasuk dalam 10 destinasi pariwisata prioritas yang punya peningkatan dalam berbagai aspek pariwisata. Aspek tersebut mencakup amenitas, aksesibilitas, atraksi wisata hingga produk ekonomi kreatif.

Dikutip dari siaran pers laman kemenparekraf.go.id, kata Sandiaga, dalam beberapa tahun terakhir perkembangan KEK tersebut sudah meningkat.

“Belitung sendiri sudah memiliki fasilitas hotel bintang lima dengan 108 kamar yang sudah jadi serta memperoleh investasi dari investor prospektif,” katanya.

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu progres dari pengembangan KEK di Provinsi Bangka Belitung tersebut.

Dikatakannya, KEK Tanjung Kelayang dengan total 324,4 hektare punya konsep pengembangan pariwisata Socially and Environmentally Responsible Development and Cultural Preservation. Konsep tersebut sesuai dengan strategi pariwisata nasional yang mengedepankan quality tourism dan sustainable tourism.

“Oleh karena itu, pengembangan KEK Tanjung Kelayang ini perlu didukung dan dilaksanakan agar masyarakat juga merasakan manfaatnya, khususnya lapangan pekerjaan,” kata Sandiaga.

Akan tetapi, dalam upaya pengembangan KEK ini ada sejumlah kendala yang dihadapi. Salah satunya tax holiday terkait peraturan mengenai insentif perpajakan di KEK.

“Kami akan membantu untuk berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait tax holiday ini,” kata Sandiaga. *

Silakan baca:

Menparekraf Sandiaga: Pembangunan 5 DSP On The Track