Pemeriksaan GeNose C19 Mulai Diterapkan di Bandara

gesnose c19 bandara
Pemeriksaan GeNose C19 di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Kamis (1/4/2021). (dok. antara).*

 

BandungKlik – Pemeriksaan GeNose C19 mulai diterapkan di bandara bagi pelaku perjalanan moda transportasi udara di dalam negeri mulai Kamis (1/4/2021). GeNose C19 adalah salah satu alat skrining untuk mendeteksi Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan GeNose C19 dilakukan serentak di empat bandara. Yaitu Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Bandara Husein Sastranegara Bandung yang dikelola PT Angkasa Pura II. Selain itu Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Internasional Juanda Surabaya yang dikelola PT Angkasa Pura I.

“Alhamdulillah hari ini pertama kali GeNose diberlakukan di empat bandara. Saya ucapkan terima kasih kepada Dirjen Perhubungan Udara, Angkasa Pura II dan Danlanud Husein Sastranegara. Saya berpesan agar dilakukan dengan teliti karena ini proses yang penting agar setiap orang yang bepergian bisa dideteksi,” tutur Budi, dalam pernyataan persnya di Jakarta, Kamis (1/4/2021), dikutip dari Antara.

Silakan baca: KAI Tambah 21 Stasiun Pemeriksaan GeNose C19

Saat ini terdapat tiga simpul transportasi yang wajib menerapkan skrining kesehatan melalui RT-PCR atau tes cepat antigen atau GeNose C19. Pemeriksaan tersebut berlaku di stasiun, pelabuhan, dan bandara. Sedangkan di sektor transportasi darat belum wajib dan pemeriksaan dilakukan secara acak.

Dikatakannya, setiap bandara yang menerapkan penyaringan GeNose C19 telah melakukan uji coba sekira tiga minggu. Di Bandara Husein Sastranegara saat ini dapat melayani pemeriksaan GeNose C19 sekira 400 orang per hari.

Pada tahap awal jumlah penumpang pesawat yang menggunakan GeNose C19 bisa mencapai 10 hingga 15 persen dari total penumpang pesawat yang berangkat. Sebelumnya, pemeriksaan GeNose C19 sudah diterapkan di 44 stasiun kereta api sejak 6 Februari 2021.

Berbeda dengan tes cepat antigen atau RT-PCR, pemeriksaan GeNose C19 dapat dilakukan di bandara pada hari yang sama sebelum keberangkatan pesawat. Hasil pemeriksaan GeNose C19 dapat diinput secara digital ke aplikasi e-HAC seperti halnya hasil tes cepat antigen dan PCR. *