Pembangunan 5 DSP Dipercepat, Salah Satunya Jadi Ajang Moto GP

moto gp
Mandalika salah satu dari 5 destinasi superprioritas yang pembangunannya bakal dipercepat tahun 2021. (Dok. kemenparekraf.go.id). *

 

BandungKlik – Pembangunan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia bakal dipercepat. Salah satunya jadi ajang penyelenggaraan Moto GP. Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat kunjungan kerjanya di Bali, Minggu (27/12/2020).

Pada kesempatan itu, ia mengadakan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Pihaknya juga diharapkan dapat bekerja cepat dan melakukan konsolidasi internal dan eksternal mengatasi dampak pandemi Covid-19 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Sandiaga, pembangunan dan pengembangan 5 destinasi superprioritas akan menjadi target utama program Kemenparekraf tahun 2021.

“Kita harus bergerak cepat. Teamwork harus betul-betul diperkuat untuk dapat mengatasi pandemi sekaligus upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga, dikutip dari siaran pers kemenparekraf.go.id.

Koordinasi tersebut antara lain akan dijalin lebih intensif dengan sejumlah kementerian. Misalnya, dengan Kementerian PUPR terkait infrastruktur. Kemudian dengan Kementerian Perhubungan terkait kesiapan bandara maupun interkoneksi ke destinasi tujuan wisata, dan kementerian lainnya.

Tak hanya infrastruktur, aspek kesiapan produk ekonomi kreatif seperti kuliner dan fashion juga menjadi perhatian. Begitu pun dengan kepastian berjalannya pariwisata berkelanjutan.

Sebagaimana sudah ditetapkan sebelumnya, 5 destinasi superprioritas tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. Mandalika dipersiapkan untuk menggelar ajang Moto GP.

“Labuan Bajo sudah menjadi destinasi investasi yang cukup seksi. Begitu juga dengan destinasi lainnya seperti Borobudur. Juga Mandalika yang harus kita lakukan persiapan dalam penyelenggaraan Moto GP,” kata Sandiaga.

“Kita harus persiapkan 5 destinasi superprioritas. Harus kita lengkapi fasilitasnya. Di tengah keterbatasan akibat Covid-19 ini, kita harus banyak berkolaborasi,” katanya mengimbuhkan. *

Silakan baca:

Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu