Pecel Mie Kenyol, Kuliner Unik Khas Batang

Kuliner khas Batang
Pecel Mie Kenyol

 

BandungKlik – Selain populer dengan kuliner khas Nasi Megono, Kabupaten Batang, Jawa Tengah juga mempunyai kuliner populer lainnya, yakni Mie Kenyol. Selain digoreng dan direbus, mie dari tapioka ini juga menjadi bahan utama Pecel Mie Kenyol.

Pecel mie kenyol sepintas mirip kuliner pecel pada umumnya. Ada sayuran yang disiram saus sambal kacang. Namun yang menjadi keunikan dan pembeda dengan pecel lain, kuliner khas Batang ini ditambah mie kenyol.

Mie kenyol bersama sayur mayur lainnya diaduk rata bersama saus sambal kacang. Tak jarang bagi yang tak suka sayur, mie kenyol ini langsung disajikan dengan bumbu sambal kacang tadi.

Tambahan mie kenyol dalam pecel tersebut menambah tekstur rasa pada pecel. Selain segarnya sayur, juga bisa merasakan kekenyalan mie kenyol.

Cita rasanya semakin kuat dan mantap jika diberi bumbu kacang yang melimpah ruah. Terlebih bagi penikmat sensasi pedas, akan tambah kenikmatannya jika sambal kacang dicampur beberapa cabai merah keriting.

Kudapan pecel mie kenyol ini mudah ditemui di wilayah Batang. Sejumlah tempat wisata di Batang pun kerap menyajikan kudapan tersebut. Salah satu tempat para penjual pecel mie yang cukup tenar, yaitu di Kompleks Bendungan THR Kramat.

Beberapa warung di sana menyediakan menu Pecel Mie Kenyol. Dibanderol per porsinya mulai Rp5000-an saja. Biasanya pecel mie ini sangat nikmat jika dimakan bersama mendoan hangat. Sambil menikmati keindahan panorama alam sekitar.

Silakan baca: Mi Kocok Bandung Bikin Lidah Bergoyang

Sementara untuk sentra pembuatan mie kenyol di Batang cukup banyak. Salah satu yang paling terkenal berada di Desa Kasepuhan Kecamatan Batang.

Mie kenyol hasil produksi Desa Kasepuhan ini masih dibuat menggunakan alat-alat tradisional. Untuk pengeringannya pun masih mengandalkan sinar matahari. Sehingga menghasilkan rasa mie kenyol yang otentik.*

 

 

Sumber & Foto: Disporapar Jateng