Patroli Rawan Imun Covidbusters Berdayakan Sopir Angkot

Patroli Covidbusters
Para relawan Patroli Covidbusters sedang membagikan masker gratis. (dok. Atep)

 

BandungKlik – Dampak pandemi Covid 19 di Indonesia bahkan dunia begitu terasa memberatkan, terutama dalam hal sosial dan perekonomian. Namun di tengah keterpurukan ini, jiwa gotong royong dan saling membantu begitu tampak. Seperti diperlihatkan para relawan yang tergabung dalam Patroli Rawan Imun Covidbusters di Kota Bandung.

Relawan Patroli Rawan Imun Covidbusters hadir melakukan aksi sosialnya sejak 2020 di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya, saat awal pandemi melanda. Kelompok relawan ini digagas oleh Atep, salah seorang anggota Karang Taruna Jawa Barat.

Atep mengakui mendirikan Patroli Covidbuster karena terdorong untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi. Terlebih dampak dari kebijakan PSBB dan PPKM yang diterapkan pemerintah guna menurunkan angka positif Covid 19.

“Banyak pihak yang tedampak dari kebijakan pemerintah seperti PSBB di fase awal pandemi. Dari situ kami tergerak hati untuk membantu masyarakat yang terdampak,” papar Atep saat ditemui di kediamannya di Kota Bandung.

Patroli Rawan Imun Covidbusters
Atep penggagas relawan Patroli Covidbusters. (dok. Atep)

Bentuk bantuan yang diberikan, lanjut Atep, mulai dari bantuan semprot disinfektan gratis, bagi-bagi makanan gratis, bagi-bagi masker, dan lainnya. Disebarkan di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya .

Silakan baca: Kota Bandung Ternyata Lebih Luas dari Enam Negara Ini

“Pemberian bantuan tersebut sudah kami lakukan sejak awal-awal PSBB secara bergerilya kepada masyarakat. Semua kami lakukan atas dasar kemanusiaan, itu pun masih mengandalkan uang pribadi,” ucapnya.

Dari aksi sosial mereka, ada satu hal yang unik dan menjadi ciri khas Patroli Rawan Imun Covidbusters dalam beraksi, yakni setiap bergerak selalu memakai angkot (angkutan kota).

“Awal-awal PSBB tahun 2020 banyak sektor ekonomi yang terdampak salah satunya angkot. Makanya saya memberdayakan sopir angkot untuk membantu pendistribusian bantuan untuk menambah-nambah setoran mereka. Jadi membantu masyarakat sekaligus sopir angkot juga,” jelasnya.

Atep pun berharap, dengan adanya Patroli Covidbusters ini banyak masyarakat yang merasa terbantu.

tim relawan Patroli
Tim relawan sedang menyiapkan sembako di dalam angkot untuk dibagikan. (dok. Atep)

“Ya, mudah-mudahan bantuan sekecil ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan hal ini dapat mengundang banyak pihak untuk saling membantu. Serta yang paling utama, agar pandemi Covid 19 ini segera berakhir,” harapnya.

Silakan baca: Daftar Taksi di Kota Bandung

Hingga kini, aksi sosial yang dilakukan Patroli Covidbusters terus berlangsung dengan swadaya mereka tanpa pamrih dan tanpa lelah, semata-mata hanya untuk kemanusiaan. Semoga menginspirasi banyak orang.*