BandungKlik – Selain menawarkan wisata industri, Kabupaten di Karawang, Jawa Barat juga memiliki wisata bahari yang menarik dikunjungi saat liburan nanti. Tempatnya yaitu Pantai Tanjung Pakis, yang sempat viral karena menjadi lokasi kejadian jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP pada 29 Oktober 2018.

Sebelum kejadian tragis tersebut, Tanjung Pakis pun sudah menjadi salah satu objek wisata pantai yang menjadi andalan Kabupaten Karawang. Karena memang menyajikan keindahan hamparan pantai dan pasir yang membentang sepanjang 7 kilometer.

Meski namanya belum setenar Pantai Ancol di Jakarta, namun tak sedikit masyarakat Karawang dan sekitarnya kerap menghabiskan libur akhir pekan di pantai ini. Salah satu hal menarik dari pantai Karawang ini, yaitu hamparan pasir putih terbentang luas. Tambah ombak yang tenang, mempercantik dan memikat mata para pengunjung.

Di Tanjung Pakis Karawang, wisatawan bisa menyewa perahu untuk menikmati panorama dari laut. Ada pula dermaga kayu, sarana outbound, dan banana boat. Ditunjang sejumlah fasilitas, seperti sumber air bersih, toilet, tempat parkir, warung makanan yang menawarkan menu unggulan bandeng bakar, penginapan, dan panggung hiburan.

Silakan baca: Kompleks Situs Candi Batujaya, Menyimpan Puluhan Candi

Untuk memasuki tempat wisata Pantai Tanjung Pakis, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir motor Rp 5.000 dan parkir mobil Rp 10 ribu.

Lokasi & Akses ke Tanjung Pakis Karawang

Lokasi Pantai Tanjung Pakis berada di pesisir utara Karawang, tepatnya di Desa Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Berbatasan dengan Kabupaten Bekasi. Akses ke pantai ini memang agak sulit dijangkau.

Karena jalan menuju ke sana belum terbuka layaknya objek wisata yang siap dikunjungi wisatawan. Jalan yang dilalui tidak lebar dan banyak dilalui truk meski kondisi jalan sudah beton semen.

Rute terbaik dari Jakarta bukan melalui jalan tol Jakarta-Cikampek karena justru lebih jauh. Pengunjung disarankan melalui Tanjung Priok, Cakung yang bisa memotong jalan menuju lokasi.

Letaknya sangat jauh dari pusat kota Karawang dan belum ada transportasi umum. Sehingga biasanya wisatawan yang akan berkunjung ke pantai ini memilih menaiki kendaraan pribadi. Walaupun demikian, pada saat musim liburan banyak warga dari luar kota dan dalam kota yang bertamasya ke objek wisata ini.

Warga sekitar membuka penginapan sederhana yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang ingin bermalam. Biaya penginapan pun cukup murah, yaitu kisaran antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per malam untuk dua orang.

Silakan baca: Rumah Rengasdengklok, Saksi Bisu Sejarah Proklamasi

Namun, jangan membayangkan dapat menemukan kamar dengan pengatur suhu udara, kolam renang. Apalagi mengharapkan sajian sarapan di tempat tersebut. Kamar yang tersedia benar-benar sederhana walaupun juga dilengkapi kamar mandi ala fasilitas pondok di objek wisata alam terbuka.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Karawang