BandungKlik – Selain pantai yang indah, Pulau Nias juga punya pantai dengan ombak berkualitas yang banyak diminati para penggemar olahraga selancar (surfing). Beberapa pantai di pulau ini, bahkan menjadi lokasi penyelenggaraan kompetisi selancar tingkat internasional.

Salah satunya adalah Pantai Sorake yang menjadi tuan rumah World Surf League (WSL) Nias Pro 2022. Ajang yang diikuti banyak peselancar kelas dunia ini digelar pada 22 – 28 Juni 2022. Ada peselancar dari Indonesia, Australia, Filipina, Thailand, Jepang, Brasil, Swedia, Italia, dan negara lainnya.

Kategori yang dilombakan meliputi Men’s Junior Tour, Women Junior Tour, Men’s Qualifying Series, dan Women Qualifying Series.

Kejuaraan dunia selancar di Pantai Sorake yang mengusung kearifan lokal menampilkan budaya khas Nias yang mendunia, yakni lompat batu. Tak hanya itu, kuliner khas Nias dan produk-produk UMKM juga hadir dengan kemasan kreatif untuk memanjakan wisatawan.

Daya tarik wisata

Pantai Sorake yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia bukanlah lokasi yang asing bagi para peselancar. Soalnya, pantai yang terhampar di Teluk Lagundri, Kabupaten Niasa Selatan, Provinsi Sumatera Utara, pernah masuk dalam 10 besar tempat selancar terbaik dunia.

Bukan hanya itu, pantai yang dikenal dengan nama The Point ini disebut-sebut sebagai titik terbaik kedua di dunia setelah Hawaii.

Dikutip dari laman niasselatankab.go.id, Pantai Sorake punya karakter ombak yang menantang, bahkan tingginya bisa mencapai 15 meter di bulan tertentu. Misalnya, April hingga September dan lebih menantang ketika bulan purnama.

Sering kali ombaknya bisa bergulung utuh sampai ke bibir pantai dan punya 11 kali gelombang sebelum pecah. Ada lima tingkatan ombak yang berbeda di Pantai Sorake sehingga peselancar bisa untuk kebolehan dengan beragam gaya. Selain itu, ombak yang datang ke pantai ini selalu muncul tanpa ada jeda waktu sehingga sangat menyenangkan bagi peselancar.

Selancar pemula

Meskipun ibarat surga bagi peselancar profesional, bukan berarti pemula tidak bisa menikmati ombak di Pantai Sorake. Pemula bisa belajar bermain selancar di pantai yang indah ini.

Waktu terbaik bermain selancar di sana adalah pagi hari karena ombaknya relatif tidak begitu tinggi. Dengan begitu, tak perlu mengayuh atau mendorong tubuh terlalu kuat ke tengah laut.

Aksesibilitas

Untuk mencapai Pantai Sorake wisatawan harus menempuh jalur udara dari Bandara Polonia, Medan, menuju Bandara Binaka di Gunungsitoli. Perjalanan yang ditempuh kira-kira satu jam. Setelah itu, perjalanan diteruskan dengan menempuh jalur darat menuju lokasi. *

Silakan baca:

Pantai Plengkung, “Surga” bagi Peselancar Dunia

Spot Selancar Favorit di Pantai Pangandaran