Pantai Santolo, Panorama Favorit di Garut Selatan

pantai santolo
Pantai Santolo di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. (Opik Surya).*

 

Pantai Santolo dengan segala keindahannya menjadi destinasi wisata favorit di wilayah Garut bagian selatan.

 

BandungKlik – Bagi sebagian orang mungkin masih asing mendengar Pantai Santolo. Namun, kenyataannya, pantai di Desa Pamalayan Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut menawarkan panorama memukau.

Pantai tersebut membentang dengan hamparan pasir putih yang landai yang cocok untuk bersantai bersama kerabat atau keluarga. Selain itu, pesisir yang menghadap ke Samudera Hindia di pantai selatan ini cukup bersih.

Tak mengherankan, pantai ini dari waktu ke waktu menjadi favorit alternatif tamasya masyarakat. Dari pusat kota Garut, pantai berjarak sekitar 88 kilometer. Lantas, apa saja yang menjadi pesona pantai ini?

Bermain di pantai

Pasir putih. (Opik Surya).*

Seperti kebanyakan pantai di dunia, orang-orang tamasya ke pantai untuk tujuan bermain, bahkan berenang. Oleh karena itu, pesisir yang luas dan landai menjadi dua poin yang masuk daftar pertimbangan pelancong. Pantai Santolo menyajikan hamparan pasir putih alami dan tepi laut yang relatif tenang.

Berperahu

Bagi wisatawan yang hendak mengelilingi laut di skeitar pantai ini tersedia perahu dengan harga sewa yang relatif murah. Wisatawan akan diantar untuk merasakan sensasi debur ombak pantai selatan yang menantang.

Naik banana boat

Banana boat. (Opik Surya).*

Ini adalah wahana rekreasi andalan yang memacu adrenalin di Pantai Santolo. Naik banana boat memberi pengalaman liburan yang semakin menyenangkan bersama keluarga atau kerabat. Boleh dibilang wahana ini paling banyak diminati wisatawan.

Silakan baca: Talaga Bodas Garut, Dulu Favorit Pelancong Eropa

Memancing

Wisatawan yang hobi memancing tak ada salahnya untuk mencoba aktivitas ini di Pantai Santolo. Memancing bisa dilakukan di area pelabuhan atau TPI dan di dermaga di seberang area parkir. Jika ingin memancing di laut lepas, sewalah perahu milik nelayan dan warga sekitar.

Fotografi

Tak lengkap rasanya kita melancong ke destinasi wisata khususnya alam tanpa memotret panoramanya. Begitu pula di Pantai Santolo yang menyajikan latar foto alam yang indah dan laut lepas yang biru sejauh mata memandang.

Sunset

Momen sunset sering kali dinanti para pelancong menjelang senja. Dari tepi Pantai Santolo, wisatawan dapat mengabadikan momen yang indah tersebut. *

Silakan baca: Leuwi Tonjong, Pesona Surga Tersembunyi di Garut Selatan